Friday, March 10, 2017

Gizi Sehat untuk Anak Sehat "Aku Sayang Tubuhku"



Pagi yang sangat cerah kusegerakan melangkahkan kaki untuk menghadiri suatu acara yang bertepatan pada "Hari Gizi Nasional" 28 Februari 2017 di Sekolah Dasar (SD) Az Zakiyah Islamic School yang bertepatan di jalan Meterologi IV No. 34 Kelurahan Indra Kasih, Kecamatan Medan Tembung. 




Memperingati hari gizi menjadi hal yang harus dilakukan dalam upaya meningkatkan tubuh yang sehat dan bergizi dengan mengkonsumsi makanan yang sehat dan sempurna pula. 

Saya masih ingat disaat SD diajarkan mencuci tangan sebelum makan karena kuman ada dimana-mana. tidak hanya kuman, namun ada debu yang lengket disela-sela jari kita. serta harus juga mengkonsumsi makanan 4 sehat 5 sempurna. 

Pada acara Az Zakiyah Islamic School diikuti dari siswa-siswi SD Az Zakiyah, Balita Schooling, tamu undangan, komunitas Guru, Blogger,  para Orangtua/Wali siswa, hingga tokoh masyarakat. pembukaan acara dimulai dari senam bersama anak-anak, orangtua, tamu undangan dan guru yang ada. seru banget loh pagi-pagi senam bersama anak-anak bisa berkeringatan dan sehat seperti tema pada acara ini "Aku Sayang Tubuhku". melihat semangat anak-anak yang masih SD, TK senam itu rasanya menggemaskan.  dibawah ini ada buktinya loh bahwa kesehatan itu dijaga dimulai dari sejak kecil. 


Seru kan melihat mereka senam, apalagi dengan adik kecil yang sudah berani senam loh. tetapi ada juga yang memperhatiin temannya senam. 




senam itu seru juga ya 




Ada yang kompak ada juga yang bingung
  
Adik ini serius kali senamnya
 

Para Mentor senam



Sudah agak terik mereka tetap semangat senamnya

Tidak hanya senam saja pada acara tersebut dalam hari gizi nasional, ada periksa kesehatan juga loh. seperti kakak cantik  dibawah ini lagi periksa kesehatan loh. karena sejatinya kesehatan tanpa dijaga akan menjadi sia-sia. 


Periksa Kesehatan 
 

Setelah pada mengeluarkan keringat yang cukup banyak, disana ada stand minuman juga loh, yaitu "Milo". wahhh segar pasti yaaa minum milo cokelat yang rasanya pengen nambah lagi dan lagi. seperti dibawah ini ada adik yang sudah habis milonya dan melihat temannya minum milo lagi jadi mau lagi dia. 

Minum milo dingin setelah berkeringatan itu rasa ademnya sampai dihati 

Minum bersama


tuhkan adik ini senang banget lihat milo punya temannya karena milo punyanya sudah habis 
 
Selanjutnya acara Seminar dan Talkshow bersama bu Fitri Ardiani, SKM, MPH sebagai Ahli Gizi, bu Agustini, S.Si,Apt sebagai Herbalis dan pak dr. Fachri Widyanto, S.pa, M. Ked sebagai spesialis anak. mereka memberikan masukan-masukan untuk para ibu-ibu, bapak-bapak serta para tamu undangan lainnya bahwa menjaga kesehatan itu penting dari apapun.  sejatinya, "gizi yang tepat dan seimbang sangat dibutuhkan untuk measa pertumbuhan anak sekaligus sebagai penyuplai kebutuhan otak".

Saat Seminar dan Talkshow 



Saat acara bu Ayu Sinta Ramadani, S.Pd. sebagai  ketua panitia menyampaikan seputar hari gizi yang telah berlangsung, "Hari gizi penting untuk diperingati di sekolah, sebab orangtua harus menyadari kelengkapan asupan gizi yang diterima anak berdampak besar bagi pertumbuhannya serta setiap anak bisa bekerjasama dengan orang tua untuk memilih makanan sehat untuk dikonsumsi,"ujar ketua panitia.


Dalam seminar dan talkshow juga diberikan beberapa tips agar menjaga tubuh yang sehat yaitu:

=> Asupan yang baik ialah yang berasal dari makanan yang halal dan sehat untuk tubuh.
=> Harus bisa mengatur pola makan agar berat badan dapat diatur sesuai porsi dan usia si anak.
=> Makan yang sehat akan menjadi pemicu kegemukan jika terlalu berlebihan namun setelah makan yang sehat, kita juga bisa olahraga dan mengatur pola makan kita. karena olahraga penting dalam melengkapi gizi anak.
=>  Harus biasakan anak mencuci tangan sebelum makan dengan sabun. tidak perlu sabun yang mahal namun sabun yang biasa juga bisa. sehingga menjaga kesehatan untuk tubuh kita. 
=> Jika kita mengalami kekurangan vitamin D, kita bisa mengantisipasinya dengan berjemur di terik matahari pagi. ingat: matahari pagi bukan siang. hehehe
 
Foto pemateri Seminar dan Talkshow dan Moderator
  

Acara hari gizi ini juga ada lomba masak ibu-ibu. wahhh seru sekali melihat mamak-mamak masak bersamaan. biasanya masak sendirian didapur sekarang ada temannya mamak-mamak juga masak. kece-kece loh masakannya dan kreatif sekali dah mereka masak, apalagi rasanya aduhai lezat sekali. alhamdulillah.









Setelah pada selesai masak, maka pemenang lomba masak pun disampaikan. serta lomba foto on the spot juga diumumkan pemenangnya dengan mendapatkan pulsa. tidak masalah ya dapat pulsa karena ada manfaat untuk digunakan loh. setelah itu maka lomba masak pun diumumkan dan berikut ada saya ambil foto pemenang. 


yeayyy emang siapa ini yang menang? :) selamattttt yaaaaaa 
 
Masakan mamak-mamak yang ikutan lomba 





Rangkaian acarapun selesai pada hari gizi nasional, semoga kita semua mampu menjaga kesehatan tubuh kita karena kalau bukan kita yang sayang tubuh kita, siapa lagi? Selamat Hari Gizi Nasional guys . 

4 comments

  1. waaah ada satenya..... kayaknya lezat tuh ya...

    ReplyDelete
  2. Waaa...hampir salah fokus...cuci tangan sebelum makan pakai sabun...😅😅😅


    Susan pasti gak kebagian dimsumnya ni yaaa.:D

    ReplyDelete
    Replies
    1. fokusnya kemana emang kak? hehehe

      gak suka dimsumnya kak :D

      Delete


EmoticonEmoticon