Sunday, February 11, 2018

Persiapan Menuju Semester Selanjutnya

Halo guys.
Postinganku kali ini menyangkut sesuatu hal yang dibutuhkan disaat kamu semester tua. Aduhh, semester tua ya? Iya semester tua. Hahaha.

Jika kamu masih semester baru diharapkan jangan pernah meninggalkan kelas dengan kategori “Tidak hadir”. Itu bisa merambat ke nilai loh. Gak percaya? Buktikan sendiri deh.

Sekarang sudah semester genap ya. Jadi, kalau kamu semester 2, 4. Hal yang harus kamu lakukan itu ialah :
·      Rajin baca buku. Buku apapun itu harus dibaca, termasuk buku mata kuliah ya. Jangan keasikan baca novel, sampai lupa baca buku untuk kuliah. Bacanya bisa di perpustakaan kampus, perpustakaan kampus lain, bahkan perpustakaan kota, dan perpustakaan daerah juga bisa kamu kunjungi. Dengan melihat referensi yang akan dibuat.
·   Manajemen waktu sebaik mungkin untuk membagi antara mengerjakan tugas makalah dengan waktu berorganisasi (jika kamu termasuk orang yang aktif di kampus).
·     Kumpulkan karya tulisan. Misalnya kamu senang menulis opini dan terbitkan ke media massa. Nah itu, menjadi modal dasar kamu untuk memudahkan kuliah kamu dan membuat kamu terkenal. Mana tahu dengan begitu ada dosen yang melirik kamu untuk membantunya kan. (Dapat Ilmu, Dapat pengalaman, mana tahu Dapat Uang Jajan kan). Tetapi jangan lakukan hal tersebut untuk mencari uang ya. Karena itu akan menghasilkan suatu kegagalan untuk kamu juga. Setidaknya menjadi pengalaman. Itu yang penting.
·         Bisa menanyakan kepada senior sejurusan kamu bagaimana proses jika mau skripsian. Apa saja yang harus dipersiapkan. (Nah, ini perlu meski masih lama lagi namun setidaknya diketahui).
·         Bersikap baik dengan dosen yang ada di kampus. Meskipun dia tidak pernah masuk ke kelas. Bisa tebarkan senyuman manis kamu kepadanya. Mana tahu dosen tersebut salah satu menjadi dosen pembimbing skripsi kamu kelak.
·         Jangan malu bertanya di kelas kepada dosen. Apapun yang kamu tidak ketahui dan belum dipahami mengenai pembahasan di kelas bisa kamu tanyakan langsung ke dosen.
·         Persiapkan sertifikat. Baik itu sertifikat loyalitas/organisasi, sertifikat minat dan bakat. Kalau bisa sertifikatnya memiliki nilai yang tinggi sehingga jika disaat semester atas kamu tidak kaget untuk hal sertifikat tersebut.
·         Jangan ikut kawan yang suka bolos kuliah. Kamu bisa di tandai dosen loh. Bukan dosen saja, kemungkinan pimpinan di jurusan bahkan pihak fakultas pun akan mengetahui hal itu.
·         Di ingat-ingat kamu semester berapa saja yang mengikuti praktikum dan siapa kelompok kamu. Kamu harus mempunyai catatan untuk hal itu, sehingga semester akan datang tidak lupa kamunya.
·         Siapkan mental untuk menghadapi tugas-tugas yang akan semakin banyak di semester selanjutnya.

Kalau ini untuk semester 6 yang akan menghadapi semester 8. Kamu sudah semester 6 namun masih biasa-biasa saja dan masih bisa santai dengan zona nyaman kamu. Tetapi walaupun berada semester 6. Itu yang akan menjadi bumerang untuk kamu. Mungkin karena itu tidak bisa tidur. Jadi, hal yang mungkin harus kamu kerjakan itu pada semester atas itu ialah :
·         Tetap banyak baca buku. Biar ilmunya tambah banyak.
·     Lebih giat dan aktif di kelas. Jangan malas menyampaikan argumen dalam diskusi kelompok atau presentasi makalah.
·         Jangan terlalu memikirkan ini itu. Apalagi yang gak pasti. Sehingga mengganggu kuliah kamu. Itu hal yang sering terjadi.
·         Tetap menulis, ciptakan karya kamu, simpan karya kamu. Yang pastinya akan berguna disuatu hari nanti.
·    Sering lakukan diskusi antar senior sejurusan. Bagaimana dan apa yang dilakukan untuk menyusun skripsi. Jadi, skripsi itu bukan momok yang menakutkan ya. Tetapi bisa dilakukan dengan baik dan tenang sehingga pada akhirnya kamu mendapatkan pengalaman sekaligus gelar.
·      Jangan pernah menunda untuk mengikuti seminar yang ada dari jurusan. Apalagi stadium general. Selain kamu mendapat ilmu dari narasumber. Kamu juga akan mendapatkan sertifikat kan. Jangan datang lalu ngobrol sama kawan. Terus dapat sertifikat. Itu sama saja kamu membuang waktu kamu untuk mendengarkan suatu pengetahuan yang baik dan luas sehingga kamu menukarkannya dengan suatu obrolan tidak penting.
·   Sudah berapa karya yang kamu ciptakan selama di bangku perkuliahan? Jika belum ada, sebaiknya mencoba untuk menciptakan karya tulisan. Bisa puisi, opini, artikel bahkan feature.
·    Jika kamu mengikuti organisasi. Coba porsir waktu kamu untuk kuliah, makan, organisasi, tidur. Jadi, seaktif pun kamu mengikuti organisasi. Jika sakit, yang merasakan itu kamu. Jadi, pintarlah memilih untuk kebaikan diri dan kebaikan orang tuamu.
·    Ciptakan grup diskusi antar pimpinan fakultas atau dosen kamu. Sehingga ada saja yang dibahas nantinya. Bisa bahas mengenai penelitian, penulisan, bahkan jurnal yang mungkin akan bisa kamu ciptakan.
·         Sertifikat itu dibutuhkan untuk kartu E. Jadi, dapat dipersiapkan dari sekarang ya.
·         Perhatikan dan fokus pada mata kuliah metode penelitian kualitatif dan metode penelitian kuantitatif. Karena semester selanjutnya kamu akan menghadapi penelitian langsung di lapangan.
·   Dan terakhir itu, Jangan lupa membaca dan menulis. Semangat untuk menghadapi kenyataan perkuliahan.

Mungkin, itu sekilas dari postinganku. Semoga bermanfaat guys!

3 comments

  1. Kenapa perlu diingat kita praktikumnya sama siapa ya kak? Fungsinya apa?

    ReplyDelete
    Replies
    1. perlu. karena itu untuk syarat kartu D menyusun. jadi kartu D itu isinya harus lulus pratikum semuanya. kalau tidak lulus maka harus ngulang lagi ataupun bisa diurus di lab mengenai hal itu.

      Delete


EmoticonEmoticon