Apakah SIM hilang Bisa Diurus di SIM Keliling?

sim hilang
Sumber : Google


Apakah SIM yang hilang bisa diurus di SIM Keliling? Jawabannya Ya, persoalan SIM hilang memang membuat pemiliknya bisa pusing. Sebab harus mengurus sim hilang agar bisa kembali memiliki dokumen resmi agar Anda boleh mengendarai.

Karena itulah kemudian banyak yang bertanya apakah SIM hilang bisa di SIM keliling? Sebab adanya SIM keliling merupakan bentuk peningkatan layanan terhadap masyarakat. Di tempat tersebut, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM tersebut. Masalahnya, apakah layanan tersebut juga melayani masalah SIM hilang.

Berdasarkan info, ternyata sampai saaat ini SIM keliling belum bisa menangani layanan kehilangan SIM. Sebab hal ini berkaitan dengan arsip SIM tersebut dan layanan keliling tersebut tak bisa mengakses arsip terkait pemilik SIM.

Karena itu, Anda harus tahu cara mengurus sim hilang yang benar. Caranya sebetulnya termasuk mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor polisi yang menerbitkan SIM tersebut. istilahnya adalah Satuan Pelaksana Penerbitan SIM (Satpas SIM).

Kemudian yang perlu Anda lakukan di sana adalah dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Meliputi apa saja? Fotokopi SIM dan surat kerterangan hilang dari Polsek setempat.


Akan lebih mudah jika Anda juga memiliki fotokopi SIM. Sebab nantinya hal ini bisa mempermudah petugas SIM dalam mencari data pemilik SIM. Karena itu, untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda foto SIM Anda saat ini dan menyimpannya misalnya di HP. Sehingga ketika terjadi kondisi tak diinginkan, seperti SIM hilang, Anda memiliki data mengenai SIM tersebut.

Selanjutnya, di SATPAS, Anda bisa langsung menuju ke loket yang menangani SIM Hilang. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Lalu setelah itu, Anda nantinya tinggal menunggu saja.

Anda kemudian akan diminta untuk melakukan foto. Ya, seperti ketika hendak memperpanjang atau membuat SIM baru. Jadi, Anda akan diminta untuk melakukan sidik jari serta petugas akan mengecek kecocokan data pribadi Anda.

Setelah itu, Anda akan diberikan tanda bukti untuk pengambilan SIM pada jadwal yang sudah ditentukan. Selanjutnya, Anda tinggal datang ke tempat tersebut untuk mengambil kembali SIM tersebut.

Nah, Begitulah cara mengurus SIM hilang. Jadi kesimpulannya saat ini SIM keliling belum bisa melayani penanngan SIM hilang. Semoga saja di waktu mendatang, layanan SIM keliling bisa melayani masalah ini.


0 komentar:

Post a Comment