Sunday, June 21, 2020

Konsultasi Kesehatan dan Covid Test Dengan Mudah



Hai guys. Kondisi sekarang ini sangat tidak memungkinkan untuk kita melakukan aktifitas seperti biasa ya, apalagi yang biasanya kerja hingga keluar kota yang mengharuskan kita naik transportasi udara atau transportasi umum lainnya. Pasti pada tahulah kondisi sekarang gimana, ya benar, adanya virus corona ini membuat kita harus lebih rutin lagi menjaga kesehatan dan menjaga jarak antar orang lain. Karena kalau terjangkit virus ini, bukan hanya diri sendiri yang sedih, keluarga juga akan sedih. You know lah, semenjak ada pandemi ini kita semua harus menjaga kebersihan dan kesehatan diri.


Covid-19 (coronavirus disease 2019) adalah penyakit yang disebabkan oleh jenis coronavirus baru yaitu Sars-CoV-2, yang mana kita ketahui bersama bahwa telah dilaporkan pertama kali di Wuhan Tiongkok pada tanggal 31 Desember 2019. Jadi, Coronavirus atau virus corona ini merupakan keluarga besar virus yang menyebabkan infeksi saluran pernapasan atas ringan hingga sedang, seperti penyakit flu. Banyak orang terinfeksi virus ini, setidaknya satu kali dalam hidupnya. Semoga saja kita tidak terjangkit virus ini ya guys. Karena kita ketahui, untuk bepergian naik transportasi umum harus melengkapi surat bebas dari covid-19. Solusinya, kita harus melakukan Covid Test terlebih dahulu untuk mengetahui kita terjangkit virus atau tidak.

Jenis Pemeriksaan Covid Test

Pemerintah sudah memiliki tiga jenis pemeriksaan yang bisa kita lakukan jika menemukan gejala covid-19 ini. Yakni : 

1. Tes Cepat Molekuler (TCM)

Metode pemeriksaan COVID-19 ini menggunakan dahak dengan amplifikasi asam nukleat berbasis cartridge. Virus SARS-CoV-2 diidentifikasi pada RNA-nya yang menggunakan cartridge khusus. Hasil tes ini terbilang cukup cepat, karena bisa diketahui hasilnya dalam waktu kurang lebih dua jam.

2. Polymerase Chain Reaction (PCR)

Pada jenis pemeriksaan dengan PCR untuk mendeteksi COVID-19 ini akan menggunakan sampel lendir dari hidung atau tenggorokan. Dua lokasi ini dipilih karena menjadi tempat virus akan menggandakan dirinya. Untuk metode pemeriksaan ini membutuhkan waktu lebih lama untuk mendapatkan hasilnya karena melalui dua kali proses yaitu, ekstraksi dan amplifikasi.

3. Rapid Test

Covid test yang terakhir ini bisa menggunakan Rapid Test. Jadi, Rapid Test ini berbeda dengan kedua jenis pemeriksaan diatas, karena pemeriksaan rapid test ini menggunakan sampel darah untuk diuji. Yang mana kita ketahui bahwa, Darah digunakan untuk mendeteksi imunoglobulin, yakni antibodi yang terbentuk saat tubuh mengalami infeksi.

Rapid test bisa dilakukan di mana saja dan waktu untuk melakukannya juga singkat, yakni hanya 15-20 menit untuk mendapatkan hasilnya. Untuk melakukan covid test ini dapat kamu lakukan via aplikasi halodoc yang mana lebih memudahkan kamu untuk mencari lokasi covid test dan mendapatkan dokter.

 
Covid test
Covid Test Bisa Dilakukan Di Aplikai Halodoc

Pengalaman Beli Obat Via Halodoc

Sedikit cerita, alhamdulillah bulan desember kemarin aku positif hamil untuk anak pertama. Pastinya sangat senang banget diberikan rezeki. Tibalah saat bulan februari saat mual muntah menyerang, jangankan untuk ke dokter, ke bidan saja tidak sanggup untuk berdiri, kebetulan vitaminku habis, jadi aku sedikit panik dong gimana keadaan si dedek bayi di dalam, nafsu makan juga menurun, vitamin juga sudah habis. Karena suamiku selalu belanja online jadinya kepikiran untuk membuka halodoc. Aplikasi halodoc yang sudah lama di download namun, belum pernah dicobanya. Jadi, kami mencoba membeli obat Folamil Genio dari halodoc. Memang murah banget ongkirnya, harga obatnya juga pas lagi promo dan itu kondisi belinya saat malam. Langsung saja kami beli. Ini gambarnya masih aku save hehehe

 
Pesan Obat di Halodoc dan Konsultasi Dengan Dokter 

Okee, kita bahas sekilas halodoc dulu yuk, mana tahu ada teman-teman yang belum pernah mencoba dan ingin konsultasi dengan dokter tapi karena pandemi begini jadi takut, boleh sekali kalian mencoba gunakan aplikasi halodoc untuk membantu kebutuhan sehat kamu atau konsultasi dengan dokter secara online tanpa harus khawatir.

Sekilas Mengenai Halodoc

Halodoc adalah aplikasi yang memberikan solusi lengkap dan terpercaya untuk memenuhi kebutuhan kesehatan masyarakat Indonesia. Halodoc diprakarsai oleh Jonathan Sudharta, pada April 2016. Mengenai Halodoc ini banyak sekali manfaat dan keuntungan yang kita dapatkan, apalagi Halodoc memfasilitasi interaksi antara dokter dengan pasien dalam sebuah layanan online melalui aplikasi.



Tidak hanya konsultasi saja yang bisa kita lakukan dari aplikasi Halodoc, kita juga bisa melakukan covid test, pemeriksaan covid-19, buat janji dengan RS, kita juga bisa membeli obat dari aplikasi. Pengantarannya gimana? Apa kita yang jemput? Oh, tentu tidak dong. Pengantarannya via gosend (gojek) dong. Setelah kamu dapatkan obat yang ingin di beli, akan terlihat ongkos kirimnya (biaya antar) dan pastinya bayarnya juga bisa via gopay (pastikan saldo ada ya). Memang sangat memudahkan kita sekali dalam membeli obat yang diinginkan secara online, jadi di rumah tetap aman terus dan sehat selalu.

Pengalaman aku pribadi menggunakan halodoc sudah lebih satu kali ya, beli obat 2 kali dan konsultasi ke dokter gigi 1. Memang sangat praktis dan mudah banget. Sambil tidur bisa konsultasi dengan dokter secara online. Jika butuh resep obat, maka dokter tersebut akan memberikan resep obat yang kita bisa beli dari aplikasi juga.

Penjelasan dokternya gimana? Menurutku, saat berkonsultasi dengan dokter memang detail di tanyakan keluhan kita, bayar konsultasi dengan dokter juga termasuk murah guys dan ada batas waktunya ya. Kemarin, kebetulan gratis konsultasinya karena promo, hehehe. Oh iya, dokternya pada berpengalaman semua loh. Keren banget ya. Kamu bisa pilih dokter yang diinginkan. 

Untuk info lebih lanjutnya, kamu bisa download Halodoc di Smartphone kamu ya guys. Tetap jaga kesehatan, jaga kebersihan dan jangan lupa pakai masker saat keluar rumah. Semoga kita sehat selalu dan yang ingin melakukan covid test bisa di halodoc. 

13 comments

  1. Bisa mencari rumah sakit yang bisa tes pcr dan menyesuaikan harganya ya, halodoc ngebantu banget yaa

    ReplyDelete
  2. Halodoc beneran bantu banget buat aku pribadi dalam mencari informasi mengenai kesehatan dan disaat kayak gini parno ke klinik atau rs bisa langsung konsul secara online praktis banget.

    ReplyDelete
  3. Alhamdulillah kalau ada beginian aplikasi yang cepat tanggap macam halodoc bikin lega ya Mba. Secara tidak langsung menghilangkan kekhawatiran kita. Aku udah pernah pake dan konsul ama halodoc

    ReplyDelete
  4. yang familiar di telinga aku cuma PCR sama Rapid test. sekarang di halodoc bisa ngecek ya. serba mudah. aplikasi memudahkan semua aktifitas kita.

    ReplyDelete
  5. halodoc memang ngebantu bgt yaa.. dan pastinya cepat tanggap lho di keadaan darurat sekalipun :)

    ReplyDelete
  6. wah praktis banget ya pakai Halodoc. Aku pribadi belum pernah sih coba pakai aplikasinya, tapi dulu sering lihat ibuku pesan obat yang diresepkan dokter via Halodoc, lalu obatnya diantar dengan Gojek.

    ReplyDelete
  7. Waktu melahirkan dulu, obatku difasilitasi halodoc. enak karena nggak pakai antri. Terus obatnya dianterin ke rumah langsung. Benar-benar membantu fasilitas ini.

    ReplyDelete
  8. Halodoc emang terbukti terpercaya ya kak banyak yang sudah pakai sih emang ya. Btw kalau melakukan covid test biayanya berapa kir-kira kak?

    ReplyDelete
  9. Saya pernah coba juga aplikasi seperti ini, tapi lupa apakah Halodok atau bukan. Saya belum paham waktu itu penggunaannya jadinya promonya sia-sia deh hikss

    ReplyDelete
  10. Rapid tes yang paling menggunakan dilakukan banyak orang ya Kak?

    Btw aku baru ngeuh nih tes TCM, kukira PCR n rapid aja

    ReplyDelete
  11. Belum lama ini ngejalanin rapid test, memang hasilnya paling cepat sih ya, sesuai dengan namanya.

    Btw, sehat selalu yaa bumil dan dedek bayi, moga lancar semuanya sampai pascapersalinan nanti.

    ReplyDelete
  12. Bisa test Covid-19 ya Di halodoc Dan ternyata ada tiga macam test yg bisa dilakukan . Tapi klo yg rapid test itu kurang akurat katanya. Hasilnya memang cepat sesuai namanya rapid.

    ReplyDelete
  13. Aku pun semenjak adanya Halodoc jadi lebih terbantu sekali karena kita bisa konsultasi kesehatan lewat aplikasi. SOalnya ini yang pernah aku lakukan awal April pas banget lagi gak enak badan.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon