Friday, July 10, 2020

Bahaya Asap Rokok Bagi Bumil Dan Anak-Anak



 
bahaya asap rokok
Bahaya Asap Rokok Bagi Bumil Dan Anak-Anak

Hai guys. Gimana kabarnya nih? Semoga selalu sehat ya meskipun masih dalam masa pandemi. Oh ya, selain menjaga pola makan yang sehat serta sering berolahraga. Kita juga harus menghindarkan diri dari asap rokok. Tidak hanya saat situasi pandemi saja sih, tidak ada pandemi juga kita harus menjauhkan diri dari asap rokok. Apalagi asap rokok sangat berbahaya terhadap anak-anak, ibu hamil. So, mau tahu apa saja bahaya asap rokok bagi kesehatan tubuh kita? Tetap baca hingga selesai ya.


Sebagian orang ada yang mengatakan bahwa tidak merokok, tidak gaul. Yang disayangkan itu ada sebagian dari mereka yang telah mengetahui bahaya asap rokok, tapi tetap saja merokok dikarenakan sudah ketagihan atau kecanduan. Apalagi saat merokok secara langsung mereka menyebarkan suatu zat yang berbahaya kepada orang lain. Tentu akan menimbulkan resiko pada kesehatan, terutama yang terkena asap tersebut anak-anak serta ibu hamil.


Ibu hamil tidak boleh menghirup asap rokok karena tanpa disadari akan berpengaruh terhadap kehamilan dan janin yang dikandungnya. Yang mana senyawa kimia yang terdapat di dalam rokok itu bisa masuk ke dalam tubuh ibu hamil dan meracuni janin yang dikandungnya. Jadi, untuk para ibu hamil sebisa mungkin untuk menghindari orang yang merokok ya. Jangan sampai terhirup asap rokoknya ya karena bisa berbahaya banget untuk kondisi ibu hamil serta janin. Untuk para suami/laki-laki yang suka merokok juga jangan mendekati ibu hamil, anak-anak karena mereka akan terpapar langsung asap rokok yang membuat kondisi kesehatan akan menurun secara perlahan.

Yang mana bahaya asap rokok terhadap ibu hamil itu sebagai berikut :

1. Meningkatkan resiko bayi terkena bronkitis, pneumonia, infeksi telinga dan memperlambat pertumbuhan paru-paru.

2. Asap rokok selama hamil bisa menyebabkan perubahan dalam struktur DNA bayi yang nantinya dapat melemahkan sistem kekebalan tubuhnya.

3. Dapat terganggu pertumbuhan otak janin selama di dalam kandungan, serta berisiko mengalami keterbelakangan mental.

4. Dapat meningkatkan resiko bayi yang dikandung memiliki penyakit asma. Serta masih banyak lagi bahaya asap rokok yang membuat kesehatan pada janin dan ibu hamil terganggu.
 
Meskipun kamu tidak merokok tapi setiap hari terkena asap rokok maka bisa jadi kamu perokok pasif karen selalu menghirup asap rokok. Nah, pada paparan asap rokok yang dihirup perokok pasif ini dapat meningkatkan resiko kanker paru-paru, emfisema, dan gangguan jantung sebesar 30 persen. Maka demikian untuk apa kita harus merokok dan jika bisa kita juga harus menghindari orang yang merokok biar asap rokoknya tidak kita hirup.

Banyak yang menduga bahwa asap rokok menjadi bagian paling berbahaya dari rokok karena mengandung zat yang lebih berbahaya ketimbang asap yang dihirup oleh perokok karena asap tidak melalui filter sehingga akan terjadi gangguan kesehatan bagi mereka yang terpapar asap rokok. Sangat bahaya sekali jika kita selalu menghirup asap rokok, kesehatan terganggu karena terkena paparan. Karena asap rokok ini mengandung lebih dari 4000 senyawa kimia, yang mana 250 jenis diantaranya dikenal sangat beracun.

Bahaya asap rokok juga berpengaruh pada anak-anak. Yang mana anak-anak yang selalu menghirup asap rokok disebabkan ayahnya atau keluarganya ada yang selalu merokok dapat membuat kesehatannya juga terganggu. 

Ini ada beberapa zat berbahaya yang ada didalam rokok seperti yang telah kita ketahui :

1. Tar adalah cairan kental yang dihasilkan dari pembakaran rokok berbasis karbon. Dari ribuan zat kimia yang ada dalam sebatang rokok, 2.000 diantaranya terdapat pada tar. Yang mana tar bisa lengket di paru-paru dan mempengaruhi sistem pernapasan. Salah satu zat beracun yang menyebabkan kanker paru-paru.

2. Nikotin merupakan zat menimbulkan efek adiksi atau candu, dan penghambat rasa lapar sehingga memicu peningkatan konsumsi. Nikotin juga merupakan suatu zat yang dapat mempengaruhi sistem kerja otak.

3. Karbon monoksida adalah zat yang dapat mengakibatkan tubuh kekurangan oksigen.

4. Amonia adalah gas beracun tak berwarna dengan bau yang sangat tajam. Referensi yang saya dapatkan dari berbagai hal, Pada amonia biasanya digunakan dalam produk pembersih dan pupuk. Dalam sebatang rokok, amonia dimanfaatkan untuk meningkatkan efek nikotin.

Karena bersifat korosif dan mengiritasi, amonia yang masuk ke dalam tubuh perokok dapat menyebabkan gangguan pernapasan. Hal ini disebabkan karena amonia merusak kerongkongan dan paru-paru.

5. Benzena yang memiliki sifat mudah menguap. Sehingga untuk sebatang rokok, benzena dihasilkan dari tembakau yang terbakar.

Pada paparan benzena pada tubuh dalam jangka panjang dapat mengurangi sel darah merah dan merusak sumsum tulang. Benzena juga dapat melemahkan sistem kekebalan tubuh dan meningkatkan resiko terkena leukimia.


Diatas merupakan zat yang terkandung dalam rokok ya para bunda. Jadi kita memang harus melindungi anak kita atau si kecil kesayangan kita dari asap rokok. Apalagi anak-anak daya tahan tubuhnya sangat rentan terhadap penyakit. Kalau anak sudah terpapar asap rokok maka akan terdapat dampak negatif yang mungkin terjadi pada anak yaitu:

  • Asma
  • Infeksi paru-paru
  • Peningkatan resiko berkembangnya tuberkolosis jika terpapar carrier
  • Alergi
  • Kesulitan belajar dan sulit konsentrasi
  • Terhambatnya perkembangan otak dan efek perilaku karena terganggunya sistem syaraf.
  • Peningkatan kerusakan gigi
  • Memperbesar peluang penyakit bronchitis
  • Memperbesar resiko kematian dan kerusakan organ tubuh.


Yuk tetap di jaga kesehatan diri, anak-anak dari asap rokok. Jika ada yang merokok di sekitar kita saat lagi di jalan maka lebih baik kita menjauhinya. Namun, jika ada keluarga, kerabat kita merokok dan didalam rumahnya ada yang lagi hamil dan punya anak kecil saya sangat menyarankan untuk berhentilah merokok. Kasihan anak-anak, bumil (ibu hamil) yang seharusnya terbebas dari asap rokok malah terpapar asap rokok. Jadi, lebih baik berhenti merokok sejak sekarang ya. Ingat, kesehatan lebih berharga daripada apapun. Tetap berikan nutrisi pada anak yang mengandung vitamin C dan E ya, jika bisa berikan anak DANCOW 3+ EXCELNUTRI+, susu pertumbuhan yang dilengkapi vitamin A, C dan E untuk selalu melindungi anak kita dan anak akan tetap sehat.

1 comment

  1. “Your page is sweet, your graphics are great, and what’s more” PuffingBird.com

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon