Ciri Lingkungan Sehat dan Segar

Lingkungan merupakan tempat yang ada di sekitar kita seperti lingkungan di rumah, tetangga dan lingkungan sekitar dari rumah kita. Lingkungan haruslah kita jaga agar selalu menciptakan kesehatan, kesegaran, kenyamanan untuk kita tempati dan berada. Jika lingkungan tidak sehat maka akan banyak penyakit yang menyerang tubuh kita dan tidak membuat nyaman untuk menetap di lingkungan yang tidak sehat tersebut. Untuk itu kita harus mengetahui Ciri Lingkungan Sehat dan menerapkan di lingkungan kita.


Lingkungan yang sehat dapat membuat anak-anak betah dalam bermain dan berinteraksi satu dengan lainnya. Sehingga kita akan menjadi senang dan bahagia melihat dan merasakan lingkungan yang sehat. Karena sehat dapat diartikan sebagai sebuah kondisi di mana keadaan yang terbebas dari berbagai penyakit dan meliputi seluruh aspek kehidupan yang ada di sekitarnya. Untuk menciptakan kondisi yang sehat karena ada banyak hal yang menjadi keterkaitan antara satu dengan yang lainnya. Menjaga lingkungan yang sehat adalah sebuah tugas yang sangat penting bagi kita semua. Ada banyak cara dan tahapan yang dapat dilakukan untuk menciptakan dan menjaga lingkungan yang sehat adalah dengan membuang sampah pada tempatnya. Kita dapat memisahkan antara sampah yang bisa diolah dan tidak agar mempermudah pekerjaan dari petugas kebersihan untuk memisahkannya. Selain itu juga daur ulang kembali sampah plastik agar bisa menjadi sesuatu yang bermanfaat sebelum akhirnya di buang begitu saja.


Untuk menciptakan lingkungan yang sehat kita dapat, Melakukan gotong royong untuk menjaga kebersihan sungai dan kali. Karena masih banyak orang yang merasa cuek dan membuang sampah begitu saja ke dalam sungai tanpa memikirkan akibat jangka panjangnya. Dengan melakukan gotong royong untuk menjaga kebersihan maka bisa membuat lingkungan menjadi lebih bersih dan terhindar dari saluran air yang mampat. 


Penciptaan lingkungan yang bersih merupakan tanggungjawab semua orang termasuk di dalamnya pemerintah melalui kebijakan dan realisasi tindakan nyatanya. Selanjutnya untuk menumbuhkan tanggung jawab tersebut dibutuhkan proses dan juga langkah nyata dengan cara membersihkan dan memperhatikan apa yang harus dibersihkan dan di tata kembali.


Untuk mengenal Ciri Lingkungan Sehat dapat kamu lihat dan baca di bawah ini: 

1. Udara yang bersih dan segar

Kita pasti sangat senang jika udara di rumah dan lingkungan kita sehat karena kita dan anak kita akan merasakan kenyamanan dan tentram saat tinggal disana. Jadi untuk membuat anak dan keluarga senang dan bahagia kita harus memperhatikan sirkulasi udara yang bersih di lingkungan sekitar. Jika lingkungan sekitar terdapat udara yang segar dan bersih maka kita dapat bahagia dan anak akan betah tinggal disana.

Sirkulasi udara tersebut ditandai dengan udara yang tidak berbau, tidak berwarna, dan tidak menyebabkan gangguan pernapasan ketika dihirup.

 2. Adanya Sumber Air Yang Bersih dan Segar

Kita pasti sangat senang jika lingkungan rumah kita terdapat air yang bersih dan segar sehingga saat kita hendak membuang kotoran kita dapat membilasnya dengan air yang bersih dan segar sehingga badan kita akan segar dan senantiasa akan selalu sehat. Apalagi setiap orang sangat menginginkan lingkungan yang mempunyai sumber air yang bersih dan segar karena mampu terhindar dari penyakit.

3. Ada Banyak Tempat Sampah

Untuk mencari lingkungan yang sehat kita harus memperhatikan sekitarnya ada banyak tempat sampah atau tidak? Karena jika lingkungan ada banyak tempat sampah berarti masyarakat sekitar sangat memperhatikan kebersihan dan kesehatan. Serta menjaga kebersihan.

4. Sering Melakukan Gotong Royong

Siapa nih yang sering melakukan dan ikut dalam gotong royong dalam membersihkan lingkungan sekitar kita? Alangkah lebih baiknya kita ikut andil dalam gotong royong tersebut karena dapat membuat lingkungan sekitar rumah kita juga akan semakin bersih. Kalau bukan kita yang bersihkan dan ikut andil dalamnya, siapa lagi. Jadi memang harus diperhatikan ya lingkungan sekitar kita.


Nah, diatas ada beberapa Ciri Lingkungan Sehat. Sebenarnya ada banyak lagi ciri lingkungan sehat yang dapat kita ciptakan dan kita lihat di sekitar kita. Maka dari itu, yuk kita ciptakan Lingkungan Yang Sehat Mulai dari Diri Sendiri, Lingkungan Sekitar dan bekerja sama satu dengan lainnya antar tetangga.

1 komentar: