Yuk Mulai Pola Hidup Sehat Dari Sekarang

Yuk Mulai  Pola Hidup Sehat Dari Sekarang


Sehat itu penting. Seperti yang selalu kudengar dari dulu sampai sekarang bahwa "Lebih baik mencegah daripada mengobati". Yup ternyata itu memang benar terbukti sangat benar. Kita lebih baik mencegah penyakit datang, daripada harus sakit. Karena gak bisa terbayang gimana kalau sudah sakit, yang merasakan bukan hanya kita sendiri tapi juga keluarga. Baik dari segi biaya, yang menjaga di rumah sakit dan juga kesehatan keluarga kita juga dikarenakan berpikir kita sakit. Nah, makanya dari itu aku selalu menjaga pola hidup sehat serta memilih makanan yang benar-benar menurutku sehat dan bisa dimakan oleh suamiku, anakku. 


Walaupun anakku masih bayi namun, makanannya juga harus aku perhatikan setiap detailnya biar tidak sakit perut, demam, atau alergi akibat makanan. Karena kalau anak bayi sakit itu, aku menjadi serba salah apa faktor yang menyebabkan anak sakit, tidak semangat. Jadi, memang pola hidup sehat di keluarga kecilku selalu aku terapkan sejak dari awal pernikahan.


Menjaga pola hidup sehat menurutku sangat mudah, karena memang dari sebelum menikah, aku makannya suka pilih. Tidak terlalu suka jajan sembarangan. Kalau jajan sembarangan pasti setelah itu ada saja kejadian seperti sakit perut, tenggorokan sakit. Jadi, aku menghindari itu semua agar aku tetap hidup sehat karena aku juga sangat jauh dari orang tua, jadi mau tidak mau pola hidup sehat ditingkatkan dan makanan yang aku makan juga harus terjaga dengan baik.


Hal-hal yang biasa kita dengar dan tahu saat masih kecil itu, kita harus makan makanan yang 4 sehat 5 sempurna. Pasti pada ingat kan? Nah, itu merupakan salah satu cara kita agar kita dapat menerapkan gaya hidup sehat dari makanan kita. Karena yang mana kita ketahui bahwa, makanan itu sebagai sumber energi untuk tubuh kita agar kita dapat beraktifitas dengan baik dan lancar sehari-hari. 


Indonesia menggunakan piramida gizi seimbang. Menurut informasi yang aku telusuri dari halodoc. "Yang mana gizi seimbang itu merupakan segala asupan makanan sehari-hari berdasarkan jenis dan jumlah zat gizinya disesuaikan dengan kebutuhan harian tubuh." Jadi, semua tergantung pada diri kita bagaimana cara kita untuk selalu tetap hidup sehat dengan gizi yang seimbang juga. Adapun tujuannya itu agar kesehatan tubuh terjaga, pertumbuhan sempurna (pada anak-anak), zat gizi tersimpan, dan aktivitas dan fungsi kehidupan sehari-hari berjalan dengan optimal dan baik.


Menurut Kementerian Kesehatan Republik Indonesia, ada sepuluh pedoman gizi seimbang yang perlu dipahami, yaitu:

1. Biasakan mengonsumsi aneka ragam makanan pokok.

2.Batasi konsumsi panganan manis, asin, dan berlemak.

3. Lakukan aktivitas fisik yang cukup dan pertahankan berat badan ideal.

4.Biasakan mengonsumsi lauk pauk yang mengandung protein tinggi.

5. Cuci tangan pakai sabun dengan air mengalir.

6. Biasakan sarapan pagi.

7. Biasakan minum air putih yang cukup dan aman.

8. Banyak makan buah dan sayur.

9. Biasakan membaca label pada kemasan pangan.

10. Syukuri dan nikmati aneka ragam makanan.


Nah hal diatas memang perlu kita terapkan dalam kehidupan kita, kita juga dapat menjadikannya sebagai gaya hidup sehat kita.

Seperti aku tuliskan diatas aku itu orangnya selalu memilih makanan. Jadi, kalau menurutku makanan ini enak berarti itu makanannya bisa buat aku sehat. Jadi, aku itu lebih baik memasak makanan sendiri, daripada beli. Terkhususnya pada makanan mie. Aku selalu masak mie beda dari lain. Aku selalu menambahkan sayur didalamnya biar rasa dan manfaatnya juga bagus untuk tubuh. Berikut tips resep mie goreng yang biasa aku masak dan suamiku sangat suka banget serta anakku juga ikut makannya. 


Berikut Resep Mie Goreng Lemonilo ala susan dengan simple : 

=> siapkan semua bahan seperti foto di bawah ini.  

Bahan untuk masak  Mie Goreng Lemonilo

=> rebus mie lemonilo hingga setengah masak. Kalau aku biasanya agak masak ya dan ada kuahnya sedikit.

=> tumis bawang merah terlebih dahulu hingga harum, lalu tumis bawang putih, cabai merah, tomat, setelah semua terlihat kecoklatan, masukkan telur di aduk lalu masukkan sayur sawi hingga terlihat lembut

=> setelah itu masukkan mienya dan masukkan bumbunya, lalu masukkan kecap.

Aduk hingga merata dan mie goreng mie lemonilo siap dihidangkan sebagai menu makan malam kami. 

Setelah diletakkan dalam piring, aku meletakkan timun, tomat yang masih ada, ayam, udang diatas mienya. dan lihat anakku sangat lahap dan suka. Meskipun dia suka bilang pedas. Tapi aku rasa tidak pedas. Hehehe 

mie goreng lemonilo
si kecil lahap makan  mie goreng lemonilo

Nah, sebenarnya ada banyak makanan yang bergizi dan sehat bisa kita nikmati bersama keluarga. Menurutku tergantung cara kita menerapkan dan membuat rasa makanan itu enak di lidah.

mie goreng lemonilo


Mie instan lemonilo bisa dikonsumsi oleh seluruh anggota keluarga. Yang mana tekstur Mie Lemonilo itu yang unik karena dibuat dengan tepung mocaf hasil olahan petani Indonesia. Jadi bisa dinikmati kapan saja dan dimana saja.


Adapun tips dari aku untuk menjaga pola hidup sehat untuk keluarga dan diri sendiri yang biasa aku lakukan setiap hari, sebagai berikut :

1. Pilih makanan yang bergizi dan disukai oleh diri sendiri ataupun keluarga.

2. Cuci tangan dengan air yang mengalir sebelum pegang makanan atau makan.

3. Biasakan mengganti baju setelah dari bepergian.

4. Hindari makan yang terlalu banyak penyedap rasanya.

5. Hindari makan yang banyak minyak karena dapat memicu terkena kolesterol.

6. Banyak minum air putih setidaknya 8 gelas perhari.

7. Kurangi minum yang bersoda.

8. Mandi 2 kali Sehari.

9. Berganti pakaian sebelum tidur. Karena baju yang kita pakai seharian akan mempengaruhi kesehatan kita. Kalau sudah tercium aroma bau badan alangkah lebih baiknya diganti. 

10. Minum madu atau vitamin untuk menjaga daya tahan tubuh.

11. Hindari asap rokok dan merokok. 

12. Jangan lupa untuk selalu membawa tempat minum sendiri jika bepergian. 


13. Kurangi makanan yang banyak mengandung GGL (Gula Garam Lemak). 

Nah, itu saran dan tips dari aku yang biasa aku lakukan setiap harinya dan itu aku terapkan sama suamiku. Alhamdulillah beliau mau ikutin itu. Karena memang aku perlahan ingin membuat keluargaku hidup sehat dengan gaya hidup sehat yang mudah dan bisa dilakukan. Jika belum tercapai juga, aku selalu evaluasi itu kenapa bisa belum tercapai. Sehingga pada akhirnya aku memperbaiki itu untuk lebih baik lagi.

Yuk Mulai Jaga Pola Hidup Sehat Dari Sekarang
Yuk Mulai Jaga Pola Hidup Sehat Dari Sekarang

Keluarga kita sehat tergantung cara kita memilih dan memberikan makanan kepada keluarga kita. Kita harus memenuhi kebutuhan gizi, memperhatikan pola makan yang sehat, serta kita juga harus menerapkan gaya hidup sehat yang baik. Jangan lupa untuk selalu makan buah biar tetap sehat.


Ingat. Sakit itu mahal. Perhatikan pola makan, makan yang teratur dan perbanyak konsumsi makanan yang sehat. Semoga kita semua dapat menerapkan pola hidup sehat dan makan makanan yang sehat dan bergizi. Semoga sehat semua teman-teman. Yuk hidup sehat dengan mudah.

3 komentar:

  1. Mi nya komplit banget yaaa, ditambah kondimen lain kayak sayur dan prona jadi lebih komplit lagi dan buat selera

    ReplyDelete
  2. Mantap adek Aidan, rajin makan buah, dan makannya mie yang sehatšŸ¤©

    ReplyDelete
  3. Lemonilo gereng Jadi lengkap yaa ada karbohidrat,prohe plus sayur mayur. Jadi aman mamak pun ikut senang

    ReplyDelete