Thursday, December 15, 2022

Liburan Cara Aku Dan Suami di Bali


Jalan ke pasar bersama pasangan
Singgah ke Taman beli rambutan
Kalau hati lagi bosan 
Ayo tetapkan hari untuk liburan


Kebanyakan orang sangat menyukai jalan-jalan. Karena dengan jalan-jalan kita bisa menikmati keindahan alam, meluangkan waktu untuk bersantai, bahkan bisa menjadi penghibur hati disaat penatnya pikiran dengan kerjaan yang banyak.



Secara pribadi, aku sangat suka sekali jalan-jalan. Karena setiap tempat yang ingin dikunjungi itu akan dijadikan daftar lokasi dimana saja yang mau dikunjungi jika ada rezeki kelak. Apalagi hobi jalan-jalan bisa menghasilkan uang. 



Kisah Naik Motor Di Kota Bali

Saat tepat usia 1 tahun pernikahan pada Desember tahun 2019, serta sebagai kado hari ulang tahunku yang aku minta ke suamiku, dikarenakan ada rezeki kami sehingga bisa menginjakkan kaki di kota impianku saat masih gadis dulu yaitu Bali. Rasanya itu bahagia banget, sangat bersyukur karena bisa merasakan udara segar di Bali, menikmati suasana langit biru di Pantai Pandawa Bali. Nuansa romantisnya berdua bersama suami dapat banget seperti di film Hehehe.


Selama seminggu di Bali rasanya tidak cukup menikmati suasana di Bali. Kalau menurut orang-orang kami kesana itu hanya menghabiskan uang saja. Tetapi mereka tidak tahu, ada yang lebih penting dari itu, yaitu kebersamaan. Kenapa bisa? Aku memutuskan untuk menikah dengan suami dan sangat jauh dari orang tua bahkan keluarga dikarenakan aku percaya bahwa selain suamiku bisa menjagaku dengan baik, membawa aku ke suatu tempat yang ingin aku kunjungi. Serta selalu bersama berdua kemana saja berada. Jadi tidak peduli dengan perkataan orang. Kalau kata hati ayo pergi, kebutuhan dan transport untuk memenuhi maka kami akan pergi kemanapun itu. Hal itu yang membuat lebih bahagia.


Jalan ke bali berdua itu modalnya keberanian dan dana harus mencukupi. Selain pesan ojol (ojek online yang mobil karena kami berdua), kami juga rental mobil, serta menyewa sepeda motor. Saat ingin ke Garuda Wisnu Kencana Cultural Park (GWK) dan Pantai Pandawa kami menyewa sepeda motor. Mengenai jalan menuju kesana kami mengandalkan gmaps. Melewati banyak tempat, karena baru pertama menginjakkan kaki di bali rasanya benar-benar menikmati banget kiri kanan dilihatin, ternyata aku pertama kalinya juga memakai gmaps jadi nyasar. Beruntungnya suami sabar dan diajarkan. 


Hah? Saat Salah Jalan

Bang, kita nyasar. Bukan disini jalannya. Nyasarnya sampai jalan buntu, rumah paling ujung kita. Begitulah caraku menyampaikan kalimat diatas kepada suami saat mengendarai sepeda motor di bali. 
Ternyata kami (aku dan suami) berputar-putar di sekitaran GWK Bali. Tepatnya dibelakang GWK setelah bertanya ke masyarakat sekitar.

Kesal iya, tapi seru banget karena pertama kali jalan bersama suami ke luar kota naik motor. Kalau diingat pengalaman tersebut rasanya ingin mengulangnya kembali. Seseru itu mengendarai sepeda motor bersama ditempat yang belum pernah aku kunjungi. Merasakan suasana yang berbeda, rasanya hati merasa senang terus walaupun sempat nyasar. Semoga lain waktu ada kesempatan ke bali lagi bareng anak dan suami.


Nah, jadi itu cerita singkatku mengenai keliling ke bali dengan menyewa kendaraan sepeda motor, selain rental mobil, naik ojol. Walaupun pergi berdua saja itu tidak masalah, selalu ikutin kata hati, karena hati kita dan pikiran kita bakalan tahu apa yang terbaik untuk kita. 


Ngomong-ngomong aku ada tips yang bisa dijadikan referensi sebelum travelling cara aku (Jalan-jalan) #LifeYourWay . Ini pengalaman pribadiku soalnya. Yuk di simak apa saja  ; 

=> Persiapkan Budget (Biaya) untuk Perjalanan

Saat kita menginginkan pergi ke suatu tempat maka secara keuangan juga harus bisa lebih mencukupi. Kenapa harus lebih? Dikarenakan keperluan dan pengeluaran saat berangkat ke tempat tersebut pasti ada dana tidak terduganya. Seperti untuk membeli oleh-oleh yang melebihi dari keinginan.

=> Pilih Waktu Yang Tepat

Kita harus memilih waktu yang tepat dan baik jika ingin merencanakan pergi keluar kota, maksud disini ialah harus menyesuaikan dari segi finansial kita. Jika secara finansial telah mencukupi maka tinggal pilih waktu yang tepat. 

Menentukan waktu yang tepat juga bisa menghindari kepadatan ditempat tersebut apalagi jika kita memilih saat liburan sekolah maka bakalan ramai. Jika kamu menyukai keramaian maka akan baik-baik saja. Tetapi jika tidak menyukai keramaian maka pilih lah waktu yang tepat. 


=> Buat Rencana Taksasi Dana Selama Perjalanan

Jalan-jalan memang menyenangkan tapi lebih menyenangkan lagi disaat kita lagi travelling kita tidak merasakan kelaparan, kehausan. Jadi memang harus di persiapkan untuk anggarannya. Misalnya 20% untuk dana konsumsi, 55% untuk transportasi dan penginapan, 20% untuk oleh-oleh, 5% dana tak terduga. Jadi bisa disesuaikan saja berapa dananya dan dibuatkan perkiraan saja senyaman mungkin. Itu hanya contoh saja.


=> Pilih Destinasi Yang Akan Dikunjungi

Sebelum berangkat ke kota tujuan, alangkah lebih baik kita harus menyiapkan dan memilih tempat yang akan dikunjungi. Jadi jangan seperti aku saat honeymoon dulu di Bandung, sampai tidak tahu mau kemana lagi karena kurang referensi. Tetapi saat di Bali aku tidak bingung lagi dong mau kemana. Karena sudah punya catatan tempat tujuan. Nah, Jadi mulai sekarang bisa dituliskan destinasi yang mau dituju sebelum berangkat ya. 


=> Pilih Transportasi Yang Digunakan

Sebelum menginjakkan kaki untuk pergi kita harus mempersiapkan hal yang terpenting harus dilakukan, jadi saat di lokasi tidak menjadi kebingungan mau naik apa. Jadi, pengalaman pribadi aku dan suami itu selalu mengecek aplikasi Traveloka untuk memecahkan solusinya. Karena di aplikasi Traveloka sudah banyak tersedia berbagai transportasi yang kita butuhkan.


Jika kita pergi keluar kota ingin naik pesawat maka kita bisa pilih fitur tiket pesawat. Jadinya saat pesan tiket pesawat di Traveloka itu akan menjadi lebih mudah saat kita check in tidak perlu repot print no booking tiket pesawatnya. Jadi persiapkan saja dokumen untuk keberangkatan kita.
Serta kita bisa pesan antar jemput bandara juga loh. Jadi sangat memudahkan untuk kita jalan-jalan dong.


=> Pilih Penginapan yang Nyaman



Kita travelling bukan hanya menikmati perjalanan, suasana destinasi saja. Kita juga harus memilih tempat penginapan yang nyaman dan terbaik menurut kita. Jadi, selama aku pergi untuk keluar kota aku selalu mengandalkan Traveloka. Jujur Traveloka sangat membantu banget karena dari dulu sampai sekarang ada fitur hotel yang bisa kita pilih. Jadi ada banyak rekomendasi hotel terbaik dan ternyaman yang bisa kita pilih. Tergantung dari budget (biaya) yang kita punya.


=> Pilih Tempat Makan Sesuai Keinginan

Cara membuat liburan kita berkesan ialah dengan memilih tempat makan yang sesuai dengan keinginan kita. Dikarenakan saat itulah kita bisa merasakan bedanya. Karena setahuku setiap daerah berbeda-beda makanannya. Ini yang selalu aku rutin Lakukan saat travelling memilih tempat makan yang sesuai. Saranku bisa di cek di aplikasi Traveloka ada fitur mengenai Makanan dan Minuman. Jadi bisa disesuaikan saat berada di tempat tersebut makanan apa saja yang diinginkan.

Nah, Diatas merupakan tips yang bisa dilakukan sebelum berangkat ya. Jadi bisa dicoba atau disesuai yang diinginkan diri sendiri ya.


Rekomendasi Tempat Yang Harus Dikunjungi di Bali

Setelah kita membahas mengenai tips apa yang direncanakan dan harus dilakukan sebelum berangkat dan saat berada dikota tersebut. Kita juga harus menentukan tempat wisata atau destinasi yang dituju. Nah, karena aku Diawal bercerita mengenai Bali. Maka aku akan memberikan rekomendasi tempat yang harus dikunjungi. Karena menurutku ini termasuk tempat selalu ramai pengunjungnya.

1. Pura Ulun Danu Beratan Bedugul

Kalau kamu punya uang Rp. 50.000 coba deh dilihat pasti sama tempatnya. Nah, disini lokasinya ya. Jadi, Mengutip dari website Ulun Danu Beratan, Pura Ulun Danu Beratan / Pura Penataran Agung Ulun Danu Beratan adalah salah satu dari sembilan Pura Khayangan Jagat yang mengelilingi Pulau Bali, Pura ini adalah tempat yang digunakan oleh umat Hindu di Bali maupun Indonesia untuk memuja Tuhan Yang Maha Esa dalam manifestasi nya sebagai “Tri Murti” (Brahma, Wisnu & Siwa) dalam pengharapannya untuk kesuburan Tanah, Kemakmuran dan kesejahteraan manusia termasuk juga demi lestarinya alam semesta.



Dari kisahnya kita jadi bisa tahu sejarah mengenai tempat tersebut. Jadi, tempat ini boleh banget kamu kunjungi apalagi membawa anak-anak karena bisa sekalian belajar sejarah juga.

Informasi lagi dari website Ulun Danu Beratan, Pura Ulun Danu Beratan juga menjadi salah satu Pura terpenting bagi masyarakat Bali, khususnya umat Hindu. Ini terdiri dari lima kompleks candi dan satu Stupa Buddha, ada:

- Pura Penataran Agung
- Pura Dalem Purwa
- Kuil Taman Beiji
-Pura Lingga Petak (di tengah Danau Beratan)
-Candi Prajapati
-Stupa Budha

2. Tanah Lot

Saat aku menginjakkan kaki di Tanah Lot, Subhanallah begitu indah dan bagus banget pemandangannya. Jadi memang di tanah lot sangat cocok banget untuk melihat matahari terbenam. Sangat cocok untuk view kalau kita ingin memotretnya.


3. Garuda Wisnu Kencana (GWK)

Tentunya pada tahu kan GWK. Apalagi GWK menjadi lokasi KTT G20 pada bulan November lalu. Karena lokasinya yang sangat bagus dan luas banget. Kalau kamu kesana pastikan memori kamera, memori smartphone harus kosong dikarenakan akan banyak view yang sangat bagus untuk diabadikan. Terlebih lagi jangan lupa untuk membawa payung. Dikarenakan saat siang hari panas jadi kita dapat terlindungi dari sinar matahari.

Destinasi Wisata Paling Favorit di Bali yaitu Patung GWK sebagai Tertinggi Ke Empat di Dunia. Menurut website gwkbali.com  Wah mantap banget.


4. Pantai Pandawa

Siapa yang suka nonton FTV? Nah, saat aku masih sekolah kadang aku nonton ftv itu lokasinya ternyata di Bali pantai pandawa. Betapa senang dan bahagia banget aku bisa menginjakkan kaki di Pantai Pandawa secara langsung bersama suami.

Pemandangan di pantai pandawa bagus banget, dengan pemandangan pantai dan dinding yang tinggi menuju ke lokasi. Apalagi saat kesana aku dan suami mengendarai sepeda motor. Ini menjadi hal yang tidak terlupakan bagiku

Menurut Wikipedia pada sekitar pantai ini terdapat dua tebing yang sangat besar yang pada salah satu sisinya dipahat lima patung Pandawa dan Kunti.


5. Pantai Seminyak

Pantai seminyak ini sudah menjadi favorit bagi wisatawan lokal maupun wisatawan asing jadi tidak bakalan heran kalau disana selalu ramai. Jadi kalau kamu ke Bali pastikan mengunjungi pantai Seminyak juga ya. Tetapi aku saat di Bali belum sempat singgah kesana. Mungkin lain waktu bisa singgah kesana. 

Sebenarnya masih banyak lagi destinasi wisata di bali yang bagus dan dapat kamu kunjungi. Jadi yang aku sebutkan yang telah aku datangi.


ITENERARY PERJALANAN

Itinerary Perjalanan (Rencana Perjalanan) yang sangat aku inginkan itu aku ingin sekali ke Labuan Bajo, ke London, dan Mekah kalau Keluar Negerinya. Selain Bali, Bandung yang didalam Negeri. 

Tempat yang aku ingin kunjungi ialah di Labuan Bajo.

Menurutku Labuan Bajo mempunyai daya tarik yang bagus. Terlebih lagi melihat komodo yang sebagai ikon wisata. Ada ciri khas tersendiri di Labuan Bajo sehingga daya tarik dan melihat keseruan dari orang yang pernah kesana itu pasti seru banget bisa mengenal langsung wisata alam, budaya bahkan buatan.


Rasanya ingin sekali kesana, semoga saja ada rezeki yang bisa mengantarkan aku, suamiku, anakku kesana untuk liburan. Karena sejak dari sekolah aku ingin sekali kesana tetapi belum tahu kapan waktu yang tepat dan rezeki untuk mengunjungi labuan bajo meskipun dari domisili aku sekarang lumayan dekat untuk kesana.


Tempat yang Ingin Dikunjungi Saat berada di Labuan Bajo selain Melihat Komodo. Yang menjadi tempat liburan idamanku sesuai dengan suara hatiku. Dengan menggunakan fitur yang ada di aplikasi Traveloka seperti tiket pesawat, holiday stays, serta hotel yang akan aku gunakan pada Itinerary perjalanan impian. 

>> PULAU KANAWA

Di Labuan Bajo juga aku ingin sekali menginjakkan kaki di Pulau Kanawa. Yang mana Pulau Kanawa terkenal dengan air yang jernih seperti kaca jadi bisa langsung melihat isinya. 

>> Pantai Pink

Ini juga salah satu tempat yang bagus banget menurutku. Pantainya warna pink. Jadi warnanya itu tidak putih tetapi pink. Aku sangat penasaran banget dan ingin rasanya kalau ke labuan bajo pantai pink wajib didatangi. Jadi ingin berfoto dengan senyum bahagia di area pantai yang berwarna pink ini.

>> Wae Rebo

Ternyata labuan bajo tidak hanya memiliki wisata alam yang sangat memesona tetapi juga memiliki wisata desa yang mempunyai budaya dan sejarahnya. Mantap banget untuk yang penasaran dan ingin tahu bagaimana. Karena Wae Rebo merupakan salah satu warisan budaya dunia oleh UNESCO. 


Selain di Labuan Bajo aku juga ingin banget keluar negeri. Dari saat kuliah target mau kuliah di London tetapi apa daya belum memiliki spesifikasi yang bagus untuk bisa kuliah kesana. Mungkin suatu saat nanti bisa kesana tetapi tidak kuliah, mungkin saja liburan bersama keluarga. Aamiin. Karena London merupakan tempat impian yang ingin aku datangi. Yang menjadi masuk daftar tempat impianku. Kalau sudah sampai disana, aku ingin ;

- Naik Big Bus London

Pasti sangat seru banget menaiki bus london. Bisa menikmati objek wisata, atraksi, dan landmark populer yang ada di London secara leluasa. Keliling naik bus London. Jadinya bisa merasakan langsung bagaimana rasanya melihat london secara langsung. 

- Melewati Jembatan Menara

Jembatan Menara adalah jembatan yang membentang di atas Sungai Thames di London, Inggris Raya. Jembatan ini mengabungkan dua desain jembatan yaitu angkat dan gantung. Jadi rasanya ingin sekali mengabadikan momen. 

- Ingin ke British Museum

Ingin sekali ke British Museum karena menjadi salah satu museum terbesar dan terpenting dalam sejarah dan budaya manusia di dunia. Ingin. Berfoto saat berada disana. Menjadi momen berharga sekalian liburan juga menambah wawasan. 

Yuk Rencanakan liburan di Traveloka. Bisa langsung akses aplikasi Traveloka. Kalau belum download, silakan di download terlebih dahulu dan nikmati liburan bareng Traveloka


Karena yang merasakan dan menikmati Liburan Itu Kita, Bukan mereka. Jalani Hidup sesuai yang kita inginkan, Jalani Liburan sesuai keinginan hati kamu. Ayo nikmati #LifeYourWay dengan Bahagia. 


Ikuti suara hati dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay 
Jangan dengarkan apa kata orang karena pasti selalu dan akan selalu menurut kita benar, menurut mereka yang kita lakukan salah. Jadi, ikuti saja suara hati kamu dan jalani hidup dengan caramu #LifeYourWay 


EmoticonEmoticon