Saturday, June 5, 2021

Bersihkan Rumah Dengan Disinfektan

Hai guys. Gimana kabarnya nih? Meskipun sekarang kita masih berada di tengah pandemi. Kita tetap harus mematuhi protokol kesehatan, serta kita juga harus menjaga kesehatan dimulai dari makanan, minuman. Saranku jangan selalu minum yang dingin ya karena cuaca lagi gak menentu. Tapi, jangan lupa juga untuk selalu makan makanan yang bergizi dan selalu membersihkan rumah serta menyemprotkan desinfektan pada benda di sekitar kita yaitu meja, gagang pintu dsb. Apa sih tujuan seperti itu? Salah satunya ialah agar Virus yang menempel dapat hilang. Ada yang tahu desinfektan itu apa? Jadi, Desinfektan adalah sebutan bagi larutan atau zat kimia tertentu yang dapat membunuh bakteri atau mikroorganisme yang ada pada suatu objek tertentu. 

Desinfektan adalah
Bersihkan Rumah Dengan Disinfektan


Kita dapat menggunakan desinfektan dalam kehidupan sehari-hari untuk di rumah, kantor, dan sebagainya. Sehingga membuat penggunaan desinfektan penting untuk mencegah terjadinya infeksi. Apalagi sekarang kondisi di tengah pandemi COVID-19, jadinya upaya dalam menjaga kebersihan rumah perlu dilengkapi dengan melakukan penyemprotan desinfektan untuk melindungi keluarga tercinta dari penularan penyakit. 

Dalam melakukan hal tersebut (menyemprotkan desinfektan) didalam rumah serta di halaman rumah agar virus tidak menempel di badan dan setidaknya untuk mencegah penyebaran virus. Karena yang kita ketahui bahwa virus itu tidak kasat mata, ada baiknya kita tetap melakukan upaya pencegahan dengan menyemprotkan desinfektan setelah bersih-bersih rumah. Upaya ekstra ini dilakukan untuk mengurangi resiko penularan pada kluster keluarga. Jadi, boleh dilakukan di rumah ya guys.

Desinfektan perlu diterapkan terutama di area yang beresiko. Misalnya pada perabot atau benda-benda yang sering disentuh di rumah. Nah, untuk desinfektan dapat kamu beli atau kamu juga dapat membuatnya di rumah dengan bahan yang sederhana. Yang terpenting tidak lupa untuk menjalankan langkah disinfeksi yang aman dengan memenuhi prosedur atau yang direkomendasikan pada produk sehingga desinfektan yang kita punya dapat mengurangi penularan virus dan menghilangkan kuman. 

Rumah yang sehat pasti akan nyaman dan aman kita tinggalkan untuk kita, juga keluarga. Makanya dari itu, ayo kita ciptakan rumah yang bersih, sehat dan pastinya kita harus mematuhi protokol kesehatan. Kita juga harus menjaga keluarga kita agar terhindar dari penyakit.

Oh iya guys, untuk yang belum tahu nih, dalam menyemprotkan desinfektan haruslah berhati-hati. Karena ada yang tidak boleh dilakukan dan ada yang harus kamu perhatikan Seperti:

-Penyemprotan disinfektan langsung kepada hewan, manusia, dan tumbuhan tidak disarankan karena tidak efektif dan dapat mengganggu ekosistem mikroorganisme pada lingkungan

- Penggunaan bilik disinfektan untuk penyemprotan dengan disinfektan langsung kepada manusia tidak disarankan, kecuali menggunakan cairan antiseptic yang aman dan melindungi bagian tubuh yang terbuka terhadap paparan.

-Penggunaan disinfektan terbaik yaitu dengan langsung mengelap benda yang sering kita sentuh, seperti permukaan meja, kurasi, gagang pintu, tombol lift, kunci mobil, saklar lampu, telepon, remote tv, toilet dll.

-Setelah menyemprotkan disinfektan, jangan lupa buang sarung tangan sekali pakai atau letakkan di tempat cucian bagi penggunaan sarung tangan reusable. Serta mencuci tangan dengan sabun. Biasanya aku menggunakan sabun cair dari Lifebouy dong. Cuci tangannya selama 20 detik juga ya.

Seperti yang saya sebutkan diatas bahwa Disinfektan adalah sejenis zat kimia yang menghancurkan atau mengurangi pertumbuhan mikroorganisme patogen/parasit pada permukaan benda mati. Disinfektan tidak selalu bisa membunuh semua organisme, karena ada jenis mikroorganisme yang resistan. Namun, disinfektan cukup bisa menurunkan jumlahnya secara signifikan sehingga lebih aman baik untuk produk konsumsi atau nonkonsumsi.

Disinfektan hanya bisa diaplikasikan pada benda mati seperti instrumen dan permukaan untuk mengendalikan dan mencegah infeksi. Antiseptik tidak bisa digunakan untuk mengobati luka mata, gigitan hewan, luka berat, luka bakar serius, atau luka dengan kondisi senjata masih tertancap.


EmoticonEmoticon