Gramedia Reading Community ; Membaca itu Keren



Beranjak dari posting 10 harapan setelah Ramadhan, maka kali ini berniat memposting tulisan ini terlebih dahulu. Adapun tulisan ini mengacu pada kegiatan yang baru aku ikutin kemarin, tepatnya hari sabtu 06 Agustus 2016 pada acara Final Gramedia Reading Community Competition 2016 di Santika Dyandra Hotel & Convention.
Acaranya tercantum di undangan jam 07.00 pagi tetapi dengan keberadaan jauh dari rumah dan kondisi yang tak memungkinkan aku sampai di lokasi tidak tepat waktu. Aku kira aku sudah terlambat sekali dalam mengikuti acara tersebut, karena mewakili komunitas terkece di kota medan bersama 3 orang lainnya. Pasti tahulah ya komunitas apa yang aku maksud ini. Yap tepat sekali, komunitas blogger medan.
Dengan waktu yang cukup lama menunggu acara dimulai, beragam macam wajah-wajah yang terpancar dari wajah peserta undangan. Ada yang menghilangkan rasa jenuh dan bosan karena menunggu acara dimulai dengan bercerita, berfoto selfie ria, bahkan ada juga yang foto benda yang ada disekitarnya, seperti kakak satu ini kak diah perempuan november yang asik dengan foto bunga yang sudah disediakan diatas meja. Sampai bunga itu bertukar warna karena ia mau bunga warna merah. Ada juga si abang aizeindra yoga yang sangat jenuhnya menunggu sampai sempatnya mendownload game yang begitu populer, yakni game pokemon go. Maaf sempat difoto kemaren kak ^-^
  
                                                                (Foto: Siti Rogayah)

(Foto: Siti Rogayah)
 
Kembali ke topik acara Gramedia Reading Community Competition 2016 dibuka dengan nyanyian kemudian dilanjutkan dengan tarian dari pihak gramedia, dibuka dengan kata sambutan dari Publishing and Education Director PT Gramedia Asri Media, Bapak Suwandi S. Brata serta menampilkan 10 finalis Gramedia Reading Community Competition 2016 dan dilanjutkan talkshow dengan 2 orang yang berbeda, kak Rizky Syahfitri Nasution dari Medan Heritage dan Kak Butet Manurung dari Co- Founder Sokola Rimba memberikan talkshow yang begitu menginspiratif dan memberikan perbedaan antara sekolah hal yang formal dan sekolah yang di rimba. 

Dapat disimpulkan dari kata sambutan Bapak Suwandi S Brata dari Publishing & Education Director PT Gramedia Asri Media, “Membaca itu keren, coba kalian katakan kepada teman, kawan kalau u membaca maka u keren. Karena dengan membaca dapat menginspirasi dengan mengubah segalanya.”
Beralih dari kata sambutan ke Talkshow dari Gadis kreatif sekaligus penggagas medan heritage dengan melibatkan peserta undangan dari berbagai komunitas karena tepatnya ia memaparkan mengenai komunitas juga. Dalam meningkatkan dan mengembangkan didalam komunitas itu ada dua faktor, internal dan eksternal. Menurut ka Rizky Nasution, “didalam faktor internal itu ada 3 yakni, SDM-nya, Komitmen dan Sistem-nya. Selanjutnya dari faktor eksternal ada 3 juga yaitu, Masyarakat, Mitra dan Sosial Media.” Dengan menjalankan dari 2 faktor tersebut menjadi penompang suatu komunitas agar tetap ada dan tidak adanya yang keluar masuk dari komunitas tersebut.
Sumber Foto: Instagram @ownid


(Foto: Siti Rogayah)

Ada yang membuatku salut dari talkshow kedua yakni, Butet Manurung. Kakak satu ini hobinya berbeda dari yang lain sepertinya, kenapa dapat bilang berbeda? Karena kak Butet Manurung ini lebih menyukai rimba. Sampai-sampai dia bercerita kalau dirimba itu cara mengajarkan anak-anak itu berbeda dari sekolah formal seperti yang pernah kita semua alami. Tidak semua orang bisa betah dengan kegiatan yang harus dilakukannya setiap hari. Mengajarkan anak-anak untuk membaca dan menulis dengan tingkah laku yang berbeda-beda dan kebiasaan yang selayaknya dilakukan dirimba.

Di akhir acara untuk penutupan maka pemenang Gramedia Reading Community Competition 2016 diumumkan. Adapun pemenangnya :
Juara 1 dari Ruang Baca Tanah Ombak (padang)
Juara 2 dari Alusi Tao Toba (Samosir)
Juara 3 dari TBM Ar-rasyid (Aceh)
Juara Favorit dari TBM Ar-rasyid (Aceh)

 
(Foto: Siti Rogayah)
 Cukup sekian postingan kali ini. semoga kita semua bisa meluangkan waktu hanya untuk membaca. semangat membaca.




6 komentar:

  1. ahaaiii.. kenak candid awak bah hahahhaa...

    ah judul postingannya kok sama ama postingan yang mau kubuat xixixii..

    membaca emang keren ya. pengisi acaranya keren, finalisnya keren, yang nggak keren cuma waktu acara yang ngaret aja :D

    ReplyDelete
  2. Hahaha... Iya kak, abisnya semua pada jenuh. Susan juga jenuh sih jadi difotoin ajalh kak.

    Wihh kok bisa sama kak? Kakak udh ngeposting kk?

    Benar itu hampir semuanya keren kak tp cuma acara dimulainya kelamaan makanya kurng keren dlam soal wktu ­čśéhahah

    ReplyDelete
  3. kahahahah, kenak candid awak, iya membaca itu keren, awas salah bahan bacaan yaa

    ReplyDelete
  4. Acara keren yang pasti banyak menginspirasi supaya terus membaca :). Tapi sampe sekarang aku masih milih-milih mau baca apa. Hahahaha. Rupanya belum termasuk kategori pelahap buku :D.

    mollyta(dot)com

    ReplyDelete

Powered by Blogger.

Formulir Kontak

Name

Email *

Message *

IBX591DB71C97EA1