Trik Masak Sayur Asem Dengan Sederhana

sayur asem susan
Resep Sayur Asem Buatan Siti Rogayah 


Hallo guys.
Welcome to my blog. Hari ini puasa kita sudah hari ke-4 ya guys. Wahh, tetap harus semangat dong dalam menjalankan ibadah puasa apalagi ibadah dalam menebarkan kebaikan guys. Dalam tiga hari berturut-turut aku sudah berturut-turut posting loh biar Ramadan kali ini semakin produktif dalam menulis. Amin. Oh iya, untuk yang belum membaca tulisan selama 3 hari bisa di baca disini ya :


Enaknya hari ini membahas apa ya? Mumpung pada ramai membuat resep masakan nih dan aku juga akan mencoba share  mengenai resep yang menjadi menu berbuka puasa tadi loh. Penasaran masak apa? Nah, menu berbuka puasa hari ini ialah Sayur Asem yang sederhana, mudah, dan enak banget. Jadi resep sayur asem ialah sebagai berikut ys. Nah, sebelum memasak alangkah baiknya dipersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya terutama bahan untuk membuat sayur asem dengan mudah dan sederhana.
Resep Sayur Asem Susan
Bahan sayuran untuk membuat Resep Sayur Asem Ala Siti Rogayah

Berikut resep sayur asem dengan sederhana dan mudah banget loh, yuk dibaca sampai tuntas.
Bahan untuk membuat sayur asem
-Siapkan jipang/ labu siam 2 buah
-Kacang panjang 5 buah atau secukupnya
-Siapkan jagung manis dan potong jagung sesuai selera
-1 sdm asam jawa (sesuai selera)
-2 cm lengkuas di memarkan
-2 lembar daun salam
-600 ml air (sesuai selera dan porsi)
-1 sdt gula
-1 sdt garam
-Gula merah 1 ruas jari
Bahan sayur asem di iris
-Bawang merah 3 siung
-Bawang putih 1 siung
-Cabai merah keriting 3 buah diiris

Diatas telah tersedia resep sayur asem, sekarang kita lanjut cara memasaknya dari resep sayur asem yang telah aku masak pakai bahan di atas. Oh iya hampir lupa, seharusnya resep sayur asemnya lebih enaknya pakai melinjo ya guys. Namun, tadi siang aku ke warung katanya melinjo kerupuk, aku jadi heran dah. Gak tahu juga di Makassar memang ada melinjo atau tidak disini atau memang ibu penjual di warung tidak menjualnya. Hehehe, positive thinking saja kitaa yaa. Cussss lanjut ke cara memasak dari resep sayur asem.


Cara Memasak Resep Sayur Asem
         -     Baca Bismillah
      -      Sebelum memulai memasak sayur asem yukk kita cuci semua sayuran dan bahan yang di butuhkan.
      -          Kita harus melarutkan asam jawa dengan 1 sdm air panas lalu yang kita ambil hanya air dari asam jawa tersebut untuk membuat resep sayur asem.
       -      Ambil air yang telah disediakan, lalu masukkan ke dalam panci yang akan dipakai untuk membuat resep sayur asem.
            -         Setelah ambil air ke dalam panci lalu tunggu mendidih airnya, selanjutnya masukkan bumbu yang telah diiris, masukkan daun salam yang dipersiapkan untuk membuat resep sayur asem.
      - Masukkan lengkuas, gula merah serta aduk hingga merata dan diamkan 2 menit. Sambil mempersiapkan resep sayur asem yang lainnya untuk dimasukkan.
         -       Resep sayur asem selanjutnya ialah, masukkan jagung yang telah kita persiapkan ke dalam panci. Tunggu sampai 5 menit atau hingga jagung setengah matang. Baru kita masukkan resep sayur asem yang lainnya.
               -      Selanjutnya, masukkan labu siam ke dalam panci. Tunggu 2 menit.
       - Resep sayur asem selanjutnya adalah masukkan sayur kacang panjang yang telah kita rajang/potong sesuai selera kita ke dalam panci yang berisi resep sayur asem yang telah kita masak.
         -     Setelah semua bahan dari resep sayur asem dimasukkan, maka selanjutnya masukkan gula, garam ke dalam panci. Dan aduklah hingga merata dan coba rasakan. Jika masih belum terasa silakan menambah bumbu yang diinginkan (gula/garam).
             -        Semuanya sudah complete. Saatnya sayur asem siap di hidangkan/di sajikan dengan ikan atau lauk yang diinginkan ya. kalau aku sih ikan dan tempe tepung.
       
Resep Sayur Asem
Resep Sayur Asem Bersama Ikan dan Tempe
Ala Siti Rogayah dengan Sederhana

     Yeay, masakan telah selesai guys. Ayo dihidangkan sayur asem buatan kamu apalagi untuk berbuka puasa, sangat cocok di hidangkan/di sajikan untuk orang yang kamu sayang. Biar mereka makin sayang sama kamu. Atau resep sayur asem ini boleh kamu bagikan ke akun media sosial kamu, mana tahu ada yang ingin memasaknya juga. Selamat mencoba guys. Semoga masakan kamu rasanya mantap ya guys. Go Cooking yes.

Resep Sayur Asem


Hampir lupa, yuk ikutan Blog Challenge di #30HariKebaikanBPN #bloggerperempuan biar Ramadan 2019 kali ini dapat bermanfaat dan membuat kamu makin menginspirasi dengan tulisan di blog kamu. Selamat mencoba.



Apakah SIM hilang Bisa Diurus di SIM Keliling?

sim hilang
Sumber : Google


Apakah SIM yang hilang bisa diurus di SIM Keliling? Jawabannya Ya, persoalan SIM hilang memang membuat pemiliknya bisa pusing. Sebab harus mengurus sim hilang agar bisa kembali memiliki dokumen resmi agar Anda boleh mengendarai.

Karena itulah kemudian banyak yang bertanya apakah SIM hilang bisa di SIM keliling? Sebab adanya SIM keliling merupakan bentuk peningkatan layanan terhadap masyarakat. Di tempat tersebut, Anda bisa melakukan perpanjangan SIM tersebut. Masalahnya, apakah layanan tersebut juga melayani masalah SIM hilang.

Berdasarkan info, ternyata sampai saaat ini SIM keliling belum bisa menangani layanan kehilangan SIM. Sebab hal ini berkaitan dengan arsip SIM tersebut dan layanan keliling tersebut tak bisa mengakses arsip terkait pemilik SIM.

Karena itu, Anda harus tahu cara mengurus sim hilang yang benar. Caranya sebetulnya termasuk mudah. Anda hanya perlu datang ke kantor polisi yang menerbitkan SIM tersebut. istilahnya adalah Satuan Pelaksana Penerbitan SIM (Satpas SIM).

Kemudian yang perlu Anda lakukan di sana adalah dengan membawa persyaratan yang diperlukan. Meliputi apa saja? Fotokopi SIM dan surat kerterangan hilang dari Polsek setempat.


Akan lebih mudah jika Anda juga memiliki fotokopi SIM. Sebab nantinya hal ini bisa mempermudah petugas SIM dalam mencari data pemilik SIM. Karena itu, untuk berjaga-jaga, sebaiknya Anda foto SIM Anda saat ini dan menyimpannya misalnya di HP. Sehingga ketika terjadi kondisi tak diinginkan, seperti SIM hilang, Anda memiliki data mengenai SIM tersebut.

Selanjutnya, di SATPAS, Anda bisa langsung menuju ke loket yang menangani SIM Hilang. Nantinya Anda akan diminta untuk mengisi formulir. Lalu setelah itu, Anda nantinya tinggal menunggu saja.

Anda kemudian akan diminta untuk melakukan foto. Ya, seperti ketika hendak memperpanjang atau membuat SIM baru. Jadi, Anda akan diminta untuk melakukan sidik jari serta petugas akan mengecek kecocokan data pribadi Anda.

Setelah itu, Anda akan diberikan tanda bukti untuk pengambilan SIM pada jadwal yang sudah ditentukan. Selanjutnya, Anda tinggal datang ke tempat tersebut untuk mengambil kembali SIM tersebut.

Nah, Begitulah cara mengurus SIM hilang. Jadi kesimpulannya saat ini SIM keliling belum bisa melayani penanngan SIM hilang. Semoga saja di waktu mendatang, layanan SIM keliling bisa melayani masalah ini.


Menu Buka Puasa Simple dengan Skippy Peanut




Hallo guys. Alhamdulillah hari ini puasa yang ke-3 loh. Senang banget masih bisa merasakan sensasi menahan hawa nafsu di bulan yang penuh kebaikan ini. Oh iya, bagaimana puasa kalian pada hari ini? Semoga pada lancar ya.  Btw, hari ini menu buka puasa kalian apa nih? Coba share dong di kolom komentar menunya apa? Atau kalian pada berbuka puasa di tempat favorit? Dimana nih tempat favorit kalian? 



Nah, Kalau aku sih menunya simple banget loh. Apalagi aku ingin mencoba selai kacang dari Skippy Peanut Butter. Jadinya, pada cobain deh untuk menu buka puasa skippy. Rasa skippy enak banget loh, kacangnya terasa di mulut saat di makan membuat aku ketagihan banget. Oh iya, pasti penasaran banget kan, Skippy nya aku campur dengan apa ya? Apakah akan sulit dan repot? Tetap baca sampai habis ya. Hehehe

SKIPPY PEANUT BUTTER 

Menu Buka Puasa Skippy hari ini yang aku buat adalah ROTI TAWAR SKIPPY. Nah, jadi resepnya itu mudah banget loh guys. Check is out :
Bahan :
-Roti Tawar 2 helai saja
-Meses coklat
-Skippy Peanut Butter

Cara membuat :
-Roti Tawar diletakkan di atas piring kemudian, letakkan Skippy Peanut Butter diatas roti tawar tersebut.
-Letakkan Meses Coklat diatas Roti yang telah dilapisi Skippy Peanut Butter.
-Selanjutnya potong roti tawar sesuai selera. Dannnn taraaaaa, sudah selesai Roti Tawar Skippy siap disajikan untuk Menu Buka Puasa dengan Skippy. 



Oh iya, kamu juga bisa membuat roti bakar dengan Skippy juga loh, karena aku saat ini lagi pengennya makan Roti Tawar dilapisi selai skippy saja sih. Hehehe tetapi enak juga kok, rasa kacangnya mantap banget apalagi diletakkan meses, sangat enak dan direkomendasi banget kalau lapisi skippy dengan meses ya guys. Makanya aku buat menu itu saja karena sekalian makannya dengan es pisang ijo loh guys. Rasanya maknyosss bangettt. Kalau kata suamiku mah, enak banget selai Skippy Peanut Butter pantesan cepat banget habis terjualnya. Karena kemarin kami lihat masih banyak, ternyata tadi tinggal 2. Cepat banget ya.



Ini Ceritaku saat membuat Menu Buka Puasa dengan Skippy Peanut Butter Simple dan Mudah banget apalagi dengan es pisang ijo. Mantap tenannn. Yukk, cobain Skippy di Menu Buka Puasa kalian guys untuk besok. Dijamin, bakalan ketagihan dan juga ikutan dengan mendapatkan inspirasi resep di => https://www.instagram.com/explore/tags/skippyxbpn/ dan ikutan #30HariKebaikanBPN

Tempat Buka Puasa Favorit di Kota MEDAN




Hallo teman-teman. Wahh sudah puasa kedua nih. Gimana puasanya? Pasti lancar banget. Alhamdulillah. Rencananya pada buka di mana nih? Pasti kamu punya tempat favorit untuk berbuka puasa deh, bisa bersama keluarga, teman, sahabat dan rekan kerja. Wahhh, pasti seru banget ya mempunyai tempat buka puasa favorit.

Aku juga punya beberapa tempat buka puasa favorit di kota aku loh, penasaran kan dimana itu? Sebelum masuk ke pembahasan tempat buka puasa favorit. Aku mau cerita sedikit, kalau aku itu asli orang Medan namun, aku menikah dengan asli orang Makassar. Jadi, aku masih belum banyak tahu tempat favorit untuk berbuka puasa di kota Makassar tetapi ada sebagian tempat favorit yang cocok banget untuk berbuka puasa di kota Makassar karena selama ini aku nyaman banget kalau makan disitu. Baiklah, aku akan memberikan informasi mengenai tempat buka puasa favorit di Kota Makassar dan tempat buka puasa favorit di Kota Medan. Staytune guys di blogku yaa. Tetap baca ya.


keluarga
BERSAMA ADIK-ADIK

Tempat buka puasa favoritku selain di Rumah ialah ada di beraneka ragam tempat loh, apalagi, di kota Medan terkenal kota kuliner karena memang banyak sekali makanan yang ada di kota Medan. Sehingga, kita menjadi ingin mencicipi, apalagi kota Medan sekarang banyak banget yang menjual oleh-oleh khas Medan. Sampai para artis juga membuka peluang usaha di Kota Medan. Nah, Kota Medan itu salah satunya terkenal dengan Durian dan Bika Ambonnya loh.eitss, jangan pada lapar ya. Ingat lagi puasa guys hehehehe

Jika kamu orang Medan pasti bakalan bingung memilih tempat buka puasa di kota Medan. Kenapa? Karena, sangat banyak dan harganya juga bervariatif loh. Namun, kamu gak perlu khawatir guys, karena aku bakalan memberikan salah satu tempat buka puasa favorit aku di kota Medan. Yukk di baca mana tahu nanti ingin berbuka puasa disana kan.

Yang menjadi Tempat Buka Puasa Favorit aku di Kota Medan, Kamu juga bisa menjadikan sebagai Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Medan :

=> Ayam Penyet Jakarta


Tempat favorit aku banget ini karena mau bulan puasa ataupun sebelum berbuka puasa. jadi ini aku suka banget sama ayam penyetnya serta sambalnya. aku selalu mengajak mamakku juga makan disini. tempat favoritku banget ini.

=> Ismud Park / Draja Coffee Ismudpark

Tempat buka puasa paling favorit karena banyak menyediakan menu dan juga tempat yang luas serta nyaman. Bisa buat foto OOTD loh guys disitu. Kumpul sama teman juga asik nih, reunian disini.  

=> Nasi Bakar Bumbu Rujak

Ini tempat yang favoritku, karena Nasi bakar bumbu rujak. Yang membuat ketagihan makan disini ialah bumbu rujaknya. Jadi, aku selalu pesan ayam bakar bumbu rujak loh. Enak banget dan harganya juga terjangkau lah. Cocok untuk kalangan siswa/mahasiswa juga.

=> Istana Koki

Tahun kemarin aku makan disini karena yang menjadi Tempat Buka Puasa Favoritku ialah ada nasi liwetannya loh. Apalagi menu udangnya, aku suka banget deh dan pastinya ada promo di Ramadan.

=> Bakso Lapangan Tembak Senayan

Aku selalu mencari tempat buka puasa yang nyaman dan menunya kalau gak ayam, ya udang. Nah, kali ini di bakso lapangan tembak senanyan ayamnya itu enak banget loh. Apalagi sambalnya. Ini menjadi tempat favoritku banget loh.

Nah, itu beberapa tempat buka puasa favoritku guys selain berbuka puasa di Rumah dan tempat diatas aku kunjungi disaat sendiri, bersama orang tua, serta reunian bersama teman sekolah dan teman komunitas. Selanjutnya, tempat buka puasa favorit di kotaku sekarang yaitu Makassar. Baca sampai habis yaa guys. Yukk ahh semangat mana tahu pada ingin cobain juga.

 Tempat Buka Puasa Favorit di Kota Makassar

MAKASSAR

Eittss, Ramadan kali ini pertama kalinya aku berpuasa di kota makassar, aku senang banget karena Ramadan kali ini berbuka puasa bersama suami tercinta. Aku selalu menjadikan tempat ini menjadi tempat buka puasa favoritku di kota Makassar yaitu;

Senangnya kalau sudah menikah itu mempunyai rumah sendiri, alhamdulillah telah tercapai. Aku dan suami tinggal di rumah sendiri jadi, ibaratnya rumah kami ini selalu menjadi istana kami dan menjadi tempat favorit aku berbuka puasa. Karena mempunyai keluarga menjadi pengalaman baru di hidupku. Tempat yang membuat aku selalu memberikan masakan yang sederhana dan alhamdulillah selalu habis. Nah, ini menu yang aku masak untuk berbuka puasa nanti, kari ayam.





Untuk tempat buka puasa favorit di kota makassar yang baru aku alami masih disini. Kemungkinan tempat favorit yang bakalan menjadi tempat berbuka puasa favorit bersama suami di Kota Makassar adalah; Ikan Bandeng Presto dan juga ada bakso lapangan tembakan senayan juga disini.

Ikan Bandeng presto BTP MAKASSAR

Bersama suami
Lokasi : Bakso Lapangan Tembak Senayan, Makassar

Lokasi : Bakso Lapangan Tembak Senayan, Makassar

Nah, ini ceritaku guys dari Tempat Buka Puasa Favorit di Kotaku.
Bagaimana dengan kamu? Dimana Tempat Buka Puasa Favorit Kamu (di kota kamu)? Yukk share dengan ikutan #30HariKebaikanBPN