Orang tua Kenalkan Teknologi Pada Anak



Pengenalan teknologi pada anak usia dini



Hallo guys.
Kali ini aku akan membahas mengenai cara kita terutama orang tua memperkenalkan kepada anak yang masih berada pada usia dini untuk mengetahui teknologi. Jadi, Dengan perubahan jaman dari yang terdahulu hingga sampai saat sekarang, Banyak orang tua yang harus memperhatikan dan memberikan pengenalan teknologi kepada anak. Terkhususnya pada anak usia dini.

Pengenalan teknologi pada anak usia dini sangat baik dilakukan untuk menunjang kebaikan kepada anak serta dilakukannya pengawasan dari orang tua kepada anak sehingga anak akan senantiasa mengetahui untuk apa teknologi dan apa guna teknologi ada. Karena sekarang teknologi yang lagi tren itu ialah smarphone. Ada juga Televisi, Laptop, Komputer dan sebagainya. Namun, hal yang menjadi perhatian kita sekarang ialah pengenalan orang tua mengenai Smartphone kepada anak. Hal itu yang diperlukan ialah pendampingan dari orang tua atau pengawasan.

Pengawasan yang dilakukan orang tua kepada anak haruslah baik dan lembut untuk memberikan penjelasan kepada anak mengenai teknologi. Kenyataan yang ada bahwa, Teknologi dan manusia tidak dapat di lepaskan karena manusia membutuhkan teknologi sebagai sarana memberikan informasi ataupun mendapatkan informasi. Di sisi lain, orang tua haruslah mempunyai pengetahuan seberapa penting teknologi pada anak usia dini dan bagaimana orang tua dapat memberikan penjelasan seperti pengenalan dasar teknologi kepada anak.  

Menurut saya pribadi, orang tua dapat melakukan pengenalan teknologi kepada anak usia dini dengan cara yang baik sebagai berikut :

1.      Orang tua harus punya pengetahuan

Sebagai orang tua kita haruslah memiliki pengetahuan yang baik, dengan tujuan pengetahuan itu akan menjadi pelajaran untuk kita sebagai orang tua dalam mendidik anak serta mengajarkan suatu kebaikan. Orang tua dalam hal pengenalan teknologi pada usia dini haruslah dilakukan dengan baik karena orang tua harus banyak mengetahui informasi dari teknologi tersebut.

Untuk halnya sebagai pengetahuan orang tua dapat mengakses Sanger Learning sebagai bahan pembelajaran dan informasi yang akan kita dapatkan dalam memberikan pengenalan yang baik kepada anak mengenai teknologi. Untuk hal lainnya orang tua dapat belajar dan mencari KursusKomputer di Medan sehingga pengetahuan orang tua semakin tinggi.

2.      Jelaskan apa itu Teknologi

Orang tua harus menjelaskan kepada anak apa itu teknologi dan mengapa teknologi harus dilakukan. Karena pada saat anak usia dini, anak-anak ingin merasa tahu itu semua jadi kita sebagai orang tua harus baik menjelaskan dan lembut berbicara kepada anak serta orang tua harus menjelaskan apa manfaat yang positif jika teknologi itu digunakan anak terutama orang tua harus menjelaskan dan menceritakan hal yang baik dari teknologi. sehingga anak akan teringat didalam memorinya bahwa teknologi itu begini dan dilakukan begini. 

3.      Berikan contoh yang positif pada teknologi

Kita sebagai orang tua harus memberikan contoh yang baik kepada anak, karena anak kita akan meniru apa yang orang tua (kita) lakukan. Karena sejatinya,, dunia anak adalah dunia bermain. Jika orang tua suka menghidupkan tv maka anak akan meniru perlakuan orang tua. Jadi, Peran orang tua dan pengawasan orang tua harus dilakukan dan apabila orang tua aktif pegang Smartphone maka berikanlah contoh yang positif dari kegunaan Smartphone tersebut. Misal, kita memberikan contoh untuk melihat informasi, menonton video pembelajaran untuk anak-anak maka senantiasa anak-anak tersebut akan mengikuti.

4.      Pintar mengatur waktu

Setelah dari ke-3 poin di atas dilakukan maka langkah terakhir menurut saya adalah orang tua harus pintar mengatur waktu kepada anak untuk memegang teknologi seperti handphone, laptop, televisi. Sebaiknya, orang tua harus menjadi contoh kepada anaknya. Salah satunya; orang tua memberikan waktu kepada anak, kapan dia belajar, kapan dia bermain, kapan dia istirahat bahkan kapan dia harus menggunakan teknologi. Sehingga dari usia dini anak di latih maka esok besar akan terbiasa dan akan melakukan kebiasaan yang biasa dia lakukan dari usia dini.

Orang tua juga dapat membuat jadwal sehari anak itu mau melakukan apa dan jadwal tersebut harus di sepakati oleh anak sehingga jadwal yang di sepakati akan berjalan dengan lancar dan anak mematuhinya sehingga anak pintar mengatur waktunya, terkhususnya dalam menggunakan teknologi.

Demikian postingan yang dapat saya share dan Semoga postingan ini juga dapat menjadikan kita sebagai orang tua atau calon orang tua untuk mempersiapkan diri dalam menghadapi perubahan jaman dan mampu memperkenalkan teknologi kepada anak dengan baik. Serta pada postingan ini saya dedikasikan untuk lomba blog Sanger Learning  
#SangerLearningBlogCompetition 




0 komentar:

Post a Comment