Friday, April 12, 2019

Dubes Pardede bertemu Menlu Sezibera Bahas Perkembangan Hubungan Bilateral Indonesia-Rwanda


Dubes Pardede bertemu Menlu Sezibera Bahas Perkembangan Hubungan Bilateral Indonesia-Rwanda

Selama tiga hari Prof. Ratlan Pardede, Dubes RI untuk Tanzania melakukan kunjungan ke Kigali untuk memenuhi undangan dari Pemerintah Rwanda pada Peringatan ke-25 tahun Genosida terhadap Tutsi. (07/04/2019).



Selain menghadiri Peringatan Peringatan ke-25 tahun Genosida terhadap Tutsi, Dubes Pardede juga melakukan pertemuan dengan Dr. Richard Sezibera, Menteri Luar Negeri dan Kerja Sama Internasional Rwanda.

Dubes Pardede bersama dengan Menlu Sezibera membahas perkembangan peningkatan hubungan bilateral Indonesia dengan Rwanda serta menjajaki upaya penguatan kerja sama multilateral, pembentukan kesepakatan dagang dan penunjukkan Konhor RI untuk Rwanda.

“Indonesia mendorong adanya peningkatan kerja sama dengan Rwanda di berbagai area utamanya pada forum multilateral, perdagangan dan investasi. Untuk itu, KBRI Dar es Salaam akan menjembatani potensi bisnis antara Indonesia dengan Rwanda” jelas Dubes Pardede.

Menlu  Sezibera menyampaikan apresiasinya kepada Dubes Pardede yang hadir pada Peringatan ke-25 tahun Genosida terhadap Tutsi, suatu kebahagian tersendiri bagi Rwanda untuk menerima kunjungan perwakilan Indonesia pada peringatan ini.

Menlu Sezibera juga menyambut baik upaya dan determinasi Indonesia untuk meningkatkan hubungan kerja sama dengan Rwanda. Seluruh jajaran pemerintah Rwanda dan secara pribadi, Menlu Sezibera memberikan dukungan terhadap upaya peningkatan hubungan ekonomi di bidang perdagangan dan investasi.


“Saya bersama jajaran pemerintah mendukung upaya Indonesia dalam meningkatkan hubungan perdagangan dan investasi dengan Rwanda.” ujar Menlu Sezibera.


Selama berada di Kigali, Dubes Pardede melakukan sejumlah pertemuan dengan perwakilan Rwanda Private Sector Federation, distributor farmasi  dan silaturahmi dengan WNI yang berada di Kigali.

Pada kunjungan ini juga Dubes Pardede memperkenalkan potensi produk farmasi Indonesia dari beberapa perusahaan seperti Kimia Farma, Dexa Medica dan Biofarma.

Nilai perdagangan Indonesia dengan Rwanda menunjukkan sinyal positif dengan adanya peningkatan dari 7.3 juta dollar AS di tahun 2017 menjadi 18,3 juta dollar AS di tahun 2018.

Produk potensial Indonesia untuk memasuki pasar Rwanda antara lain: kelapa sawit, minyak goreng, sabun, bahan tekstil, marmer, kertas dan obat-obatan.

1 comment

  1. numpang promote ya min ^^

    Ayo segera bergabung dengan saya di D3W4PK
    hanya dengan minimal deposit 10.000 kalian bisa menangkan uang jutaan rupiah
    ditunggu apa lagi ayo segera bergabung, dan di coba keberuntungannya
    untuk info lebih jelas silahkan di add Whatshapp : +8558778142
    terimakasih ya waktunya ^.^

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon