Saturday, January 29, 2022

Cara Merawat Pakaian Dari Serat Buatan


Sekarang serat ternyata dapat dimanfaatkan untuk bahan baku tekstil, hasilnya dapat berupa benang, kain, hingga pakaian. Serat-serat yang dihasilkan ternyata juga dibuat dari bahan baku yang berbeda dan hasil atau kualitasnya akan berbeda. Nah, serat buatan itu berasal dari buatan manusia, bukan dari hewan, tumbuhan dan sebagainya. Jadi sekarang sudah banyak dapat kita temui di sekitar kita.


Sekarang banyak industri fashion lebih sering mengandalkan serat buatan untuk menciptakan produk yang harganya terjangkau dan sesuai dengan kebutuhan pasar. Karena setahuku harga yang murah dan kualitas yang memadai itu yang banyak dicari orang. Jadi tergantung kebutuhan dan permintaan dari pasaran. 

Serat buatan ada banyak di pasaran. Dan harganya juga terjangkau sehingga banyak para penikmat fashion membelinya karena harga terjangkau sangat dicari konsumen.


Ada banyak jenis serat buatan yang ada di pasaran dan banyak dicari. Seperti:

-Poliester
Poliester adalah suatu kategori polimer yang mengandung gugus fungsional ester dalam rantai utamanya. Meski terdapat banyak sekali poliester, istilah "poliester" merupakan sebagai sebuah bahan yang spesifik lebih sering merujuk pada polietilena tereftalat.

-Rayon
Rayon adalah bahan yang berasal dari serat hasil regenerasi selulosa atau dinding sel tumbuhan. Selain itu, ada pula kain rayon yang terbuat dari pulp kayu yang telah dihaluskan.


-Nilon
Serat buatan ini dibuat dari poliamida. Nilon sangat mudah diproduksi sebab dalam proses produksinya, serat ini tidak butuh banyak waktu dan banyak proses. Selain mudah untuk diproduksi, serat ini memiliki karakteristik yang baik. Nilon sangat kuat juga lentur, maka tidak heran jika jenis serat tekstil ini banyak digunakan sebagai kain bahan dasar dompet, tas, koper, serta lain sebagainya.

-Spandex
spandex juga sangat tahan akan paparan panas matahari. Selain tahan akan panas matahari, jenis serat tekstil spandex juga tahan dari minyak. Apabila digunakan sebagai kain untuk pakaian, kain dari serat spandex sangat ringan di tubuh.

-Dakron
Dakron merupakan bahan sintetis yang biasa digunakan untuk kebutuhan tekstil, seperti bantal, guling, dan boneka.

Material dasarnya yang terbuat dari bahan poliester fiber sintetis membuat dakron memiliki fleksibilitas dan topangan yang baik.

Biasanya bantal, guling terbuat dari dakron. Jadinya bantal dacron juga dinilai lebih bersih dan higienis karena terbuat dari bahan berkualitas tinggi dan tidak menimbulkan debu.

Nah semua serat buatan diatas sangat banyak digunakan dan dijual. Dari segi harga juga sangat terjangkau guys.

Jadi, pakaian yang biasa kita gunakan itu banyak yang dari bahan serat buatan ya guys. Karena serat alami itu biasa digunakan untuk bahan baku pakaian yang kita gunakan. Seperti sutra, wol, rami, kapas. Ada banyak manfaat dan keuntungan dari serat buatan. Seperti yang aku cantumkan diatas. Tetapi lebih detailnya keunggulan dari serat buatan ialah:

1. Harganya sangat terjangkau 
2. Tidak mudah kusut, kedap air dan juga gampang menyerap zat warna.
3. Di dunia produksi Hasilnya akan lebih cepat daripada serat alami.

Sifat-sifat umum dari serat buatan adalah kuat dan tahan gesekan. Serat buatan dapat  diproduksi  secara murah dalam jumlah yang besar.

Seperti halnya serat alami, ciri serat buatan juga dapat kita ketahui melalui analisis pembakaran. Serat nilon mudah terbakar, meleleh jika dibakar, berbau khas, serta meninggalkan bentuk pinggiran keras yang berwarna coklat. Serat polyester mudah terbakar tetapi apinya cepat padam, meninggalkan tepi yang keras dan berwarna cokelat.

Nah, dalam menggunakan pakaian yang berbahan dari serat buatan ini tentunya ada cara yang harus digunakan ialah; 

1. Kita harus tahu label dari petunjuk pakaian tersebut. Karena biasanya ada bahan pakaian yang tidak boleh dicuci dengan air panas, ada pakaian yang boleh dicuci di mesin cuci, atau ada pula yang harus disetrika dengan temperatur rendah.

2. Menghilangkan noda secara cepat pada pakaian yang terbuat dari serat buatan. Jangan biarkan noda menempel terlalu lama sehingga sulit dihilangkan.  Jadi, kalau sudah digunakan pakaian tersebut maka cepatlah dicuci dan di jemur.

3. Tentunya menjemur pakaian dari serat buatan harusnya di tempat yang teduh karena mayoritas bahan sintetis sensitif terhadap panas. Jangan sampai paparan sinar matahari berlebihan membuat pakaian menyusut atau mengalami perubahan warna.

4. Kita harus pintar dan bisa merawat pakaian yang kita gunakan sehingga bahannya akan tahan lama. 

Nah, jadi itu ya guys apa saja yang termasuk dari serat buatan dan bagaimana untuk merawatnya. Semoga bermanfaat ya. 


EmoticonEmoticon