Wednesday, July 1, 2020

Cara Membuat Desinfektan di Rumah

Cara Membuat Desinfektan
Cara Membuat Desinfektan di Rumah. Sumber foto Internet

Selama pandemi begini kita memang harus menjaga kesehatan, kebersihan baik diri maupun barang-barang yang biasa kita sentuh setiap harinya. Karena bisa jadi terdapat kuman, bakteri yang menempel pada barang kesayangan kita. Salah satu caranya dengan memberikan desinfektan pada rumah, barang-barang. Kita juga bisa membuat sendiri loh. Yuk tetap baca hingga habis bagaimana cara membuat desinfektan sendiri dari rumah dengan mudah.

Untuk mencegah terjangkitnya virus ke dalam ke tubuh kita, kita harus menjaga jarak, saat keluar rumah memakai masker, mengatur pola makan yang sehat, rajin berolahraga, bisa juga dengan rajin mengkonsumsi buah-buahan terutama yang bervitamin C, saat sampai rumah segera mengganti pakaian dengan mandi terlebih dahulu agar kuman, virus yang menempel di badan hilang, serta tidak lupa untuk sering mencuci tangan dengan sabun dengan air yang mengalir atau bersih.


Sedikit cerita kalau suamiku saat pulang darimanapun selalu bergegas ganti baju dengan membersihkan diri terlebih dahulu seperti mandi. Barang bawaan seperti dompet, tas, smartphone terlebih dahulu di bersihkan dengan desinfektan, bisa juga dengan tisu basah. Lalu di lap kembali dengan tisu yang biasa. Nah, suamiku selalu membersihkan gagang pintu dengan desinfektan. Setidaknya mencegah lebih baik daripada mengobati kan karena kesehatan itu mahal banget. Apalagi virus, kuman ini tidak nampak di mata manusia, jadi, kita memang harus senantiasa membersihkan diri, menyemprotkan desinfektan ke lingkungan sekitar, ke benda-benda. Karena salah satu menjaga kebersihan lingkungan di antaranya bisa dilakukan dengan menyemprotkan cairan desinfektan agar terbebas dari paparan virus corona.

Sebelum berlanjut ke cara membuat desinfektan, aku mau kasih penjelasan sekilas mengenai desinfektan itu apa sehingga teman-teman yang belum tahu, jadi tahu. Desinfektan itu cairan yang berfungsi membasmi mikroorganisme (kuman, bakteri, dan virus) penyebab penyakit. Dalam menggunakan desinfektan hanya boleh dilakukan pada benda-benda mati karena kandungan zat kimianya itu berbahaya bila terkena tubuh. Itulah sebabnya desinfektan hanya boleh digunakan pada permukaan meja, lantai, dinding, gagang pintu, serta benda mati lainnya saja. Jadi, saat menggunakan cairan desinfektan harus diperhatikan ya teman-teman biar tidak terkena bagian tubuh, kulit dan harus dijauhkan dari jangkauan anak-anak ya.

Dalam pembuatan cairan desinfektan juga harus diperhatikan bahannya karena menurut rekomendasi dari WHO (World Health Organization) ada beberapa bahan yang bisa kita gunakan untuk membuat desinfektan, yaitu:
  • Cairan pemutih pakaian (sodium hipoklorit 5%) dengan kadar kekuatan berkisar antara 5,25% hingga 61,5%.
  • Cairan pembersih lantai.
  • Karbol atau pine oil


Nah, untuk cara membuat desinfektannya gimana? Berdasarkan pengalaman yang telah dibuat suamiku di rumah, buatnya mudah banget loh dan bisa kita gunakan bahan yang biasa dipakai di rumah loh. Asal, membuatnya harus teliti dan dijauhkan dari anak-anak ya biar aman. Aku mah lihatin suami buat desinfektannya saja sambil nyemangatin hehehe, karena suamiku guru biologi jadi insya allah pasti tahu dan bisa buatnya dengan referensi WHO menggunakan bahan yang aman.

Cara Membuat Desinfektan

1. Sediakan tempat/wadah

Kita harus menyediakan tempat/wadah untuk menyemprot. Kalau kami terlebih dahulu menggunakan botol plastik bekas yang besar lalu setelah selesai baru dituang ke dalam tempat semprotan seperti minyak wangi, semprotan bisa dibilang untuk menyiram tanaman itu loh. Itu dulu harus disediakan ya, biar kalau desinfektannya udah jadi tinggal mudah deh digunakan/disemprotkan.

2. Jangan Menggunakan Air Panas

Dalam pembuatan cairan desinfektan kita jangan menggunakan air panas ya. Karena jika dicampur dengan air panas, akan mengurangi khasiat dari sodium hipoklorit tersebut.

3. Membuat Takaran Terlebih Dahulu

Jadi, takaran yang dianjurkan itu 0.05 persen. Pada pengenceran terhadap sodium hipoklorit 5 persen dilakukan dengan perbandingan 1:100.

Contohnya, 1 bagian bahan pemutih untuk 99 bagian air ya guys.

Untuk mencapai konsentrasi sodium hipokloritnya, dibutuhkan perbandingan bahan pemutih dan air harus sesuai.

Kalau kita menggunakan pemutih pakaian yang mana kadarnya hanya 2,5% maka kita menggunakan 2 sendok makan untuk satu liter air ya.

4. Masukkan ke Wadahnya

Setelah dimasukkan ke botol plastik bekas(disediakan) yang akan digunakan maka kita dapat memasukkan ke dalam tempat yang lebih kecil lagi juga bisa, seperti tempat semprotan minyak wangi yang sudah habis dan telah dicuci. Karena memudahkan kita untuk menyemprotkannya.

Jadi, sangat mudahkan untuk membuat desinfektan sendiri di rumah dengan bahan yang ada. Yuk tetap jaga kesehatan dan jangan lupa buat desinfektan sendiri di rumah yaa hehehe.

2 comments


EmoticonEmoticon