Mari Membiasakan Diri Untuk Mencuci Tangan


Salah satu kesehatan yang paling mudah di kehidupan kita sehari-hari ialah Mencuci Tangan. Karena pada saat kita Mencuci Tangan, kita telah menghilangkan segala bakteri yang ada di tangan kita. Mencuci Tangan merupakan salah satu tindakan sanitasi dengan membersihkan tangan dan jari jemari dengan menggunakan air serta memakai sabun. Salah satu tujuan Mencuci Tangan untuk menjadi bersih dan sehat.

Saya selalu membiasakan diri untuk Mencuci Tangan pakai sabun Lifebouy sebelum makan, setelah makan serta ingin memegang makanan saya pastikan tangan saya harus bersih. Dengan cara tersebut menjadikan diri yang bersih dan sehat. Meskipun masih ada yang beranggapan tidak perlu Mencuci Tangan, namun pada dasarnya dengan Mencuci Tangan itu menjadi benteng utama kita dalam mencegah segala jenis penyakit. Adapun penyakit yang sering menyerang ialah demam, influenza, diare, meningitis hingga bronchilitis.

Mencuci Tangan Pakai Sabun
Ini Sabun yang biasa Saya pakai untuk Mandi dan Bisa Untuk Mencuci Tangan 

Rutinitas Mencuci Tangan pakai sabun harus kita aplikasikan kepada adik-adik kita, anak-anak kita, ke saudara-saudara kita bahkan kita juga bisa memberikan edukasi mengenai, “Mencuci Tangan pakai sabun itu penting untuk mencegah penyakit karena Mencuci Tangan dapat membuat kita sehat”. Yuk pada diterapkan yuk. Kalau saya selalu Mencuci Tangan pakai sabun lifebouy yang cair. Jadi saya itu orangnya suka membawa sabun kemanapun pergi. Sabun lifebouy selalu ada didalam tas. Sampai setelah saya nikah, masih menerapkan kebiasaan itu kemanapun membawa sabun serta saya juga mengajarkan suami saya sendiri untuk melakukan rutinitas yang sangat bagus yakni Mencuci Tangan sebelum memegang makanan dan Mencuci Tangan pakai sabun lifebouy saat selesai makan. Alhamdulillah suami menjadi terbiasa untuk selalu Mencuci Tangan dengan sabun.  

Jika kita memberikan pelajaran kepada anak-anak mengenai kebiasaan Mencuci Tangan pakai sabun setiap aktifitas yang dilakukan atau ingin makan, maka Mencuci Tangan sangat baik dan bagus untuk anak-anak lakukan karena mengingat daya tahan tubuh mereka yang baru berkembang membuat mereka lebih mudah untuk terserang penyakit akibat infeksi organisme patogen. Dengan begitu, Mencuci Tangan dapat memberikan kesehatan untuk tubuh.

Dalam pengaplikasian Mencuci Tangan kepada anak-anak, kita haruslah mengajarkan anak-anak Mencuci Tangan dengan baik dan benar, harus memberikan langkah-langkah yang benar. Seperti dibawah ini akan saya cantumkan langkah-langkah Mencuci Tangan dengan benar ;
1.      Basahi tangan dengan air
2.      Memberikan sabun pada telapak tangan
3.  Kita harus mengajarkan untuk menggosok-gosokkan sabun di telapak tangan selama 10-15 detik. Dengan menggosokkan pada sela-sela jari tangan, punggung tangan, kuku, jempol, dan pergelangan tangan. Jadi harus pastikan digosok dengan benar ya.
4.    Kemudian, kita dapat membilas sabun yang telah kita gosokkan ke tangan hingga bersih.
5.   Selanjutnya, kita harus keringkan tangan dengan menggunakan kain kering atau tisu sebelum menyentuh yang kita inginkan.

Nah, langkah diatas itu boleh kita praktekkan kepada anak-anak, untuk diri kita sendiri, untuk suami bahkan untuk teman-teman loh. Ataupun jika kamu ingin sosialisasikan ke tetangga juga sangat boleh loh. Kan kalau semuanya sehat kita akan menjadi senang ya.

Mencuci Tangan Pakai Sabun
Mencuci Tangan Pakai Sabun Yukk
Mencuci Tangan Pakai Sabun
Mencuci Tangan Pakai Sabun Biar Sehat

Dalam mengajarkan anak-anak untuk Mencuci Tangan biar gak bosan itu, bisa dengan meminta anak-anak menyanyikan lagu kesukaannya sambil menggosok-gosok tangan yang telah diberi sabun lifebouy tadi. Jadi, anak dapat pengajaran Mencuci Tangan sambil bernyanyi sehingga mereka merasa senang dan ingin selalu menerapkan itu di kehidupan sehari-hari.

Untuk Mencuci Tangan pakai sabun saya sangat merekomendasikan teman-teman semua untuk memakai sabun lifebouy pada saat Mencuci Tangan. Karena pada peranan Lifebouy dalam evolusi perlindunan terhadap infeksi, vaksinasi dan kuman. Ingat, sebelum makan harus Mencuci Tangan pakai sabun terlebih dahulu ya. Begitu juga setelah makan harus Mencuci Tangan pakai sabun biar kuman hilang.

Wahhh, udah panjang banget ya bahas Mencuci Tangan pakai sabunnya ini. Kalau kamu penasaran ingin mencari tahu lebih dalam lagi mengenai kebiasaan Mencuci Tangan pakai sabun untuk anak bisa kamu baca di =>  https://www.lifebuoy.co.id/kesehatan/infeksi-dan-pencegahannya/berita-kesehatan/menjaga-kesehatan-anak-dengan-membiasakan-cuci-tangan-pakai-sabun.html

Demikian tulisan saya mengenai Mencuci Tangan Pakai Sabun yang dapat kita aplikasikan untuk kehidupan kita sehari-hari. Semoga kita senantiasa tetap menjaga kesehatan tubuh kita dan tetap semangat dalam beraktifitas ya.  Jangan lupa Mencuci Tangan Pakai Sabun Sebelum Makan dan Sesudah Makan.

Nah, untuk mengenal atau kerjasama dengan saya lebih lanjut kamu bisa hubungi di ;

Whatsapp : 081263341457

Salam dari saya Siti Rogayah. Terima Kasih.


blogger




6 komentar:

  1. Saya sangat menekankan kebiasaan mencuci tangan kepada anak. Tahu sendiri kalau anak balita asal pegang dan asal langsung menyuap. Tidak peduli tangan kotor atau habis pegang apa.

    ReplyDelete
  2. awak malah kadang rasanya sampai keseringan cuci tangan xD , walaupun kadang pakai sabun kadang ga

    selain sehat, tangan juga jadi wangi dan segar aja rasanya kalau udah pakai sabun

    ReplyDelete
  3. wah keren nih tulisannya, bisa mengingatkan kita untuk selalu cuci tangan apalagi ke anak" hhi akupun kadang klo mau ngemil suka lupa cuci tangan pdhl udah pegang ini-itu dan bnyak benda hhu

    ReplyDelete
  4. Aku selalu menekankan kebiasaan cuci tangan keanak aku. Habis makan semua habis ngapain2 mau kekasur harus cuci

    ReplyDelete
  5. bener kebiasaan kecil yg kadang di sepelakan, padahal bisa aja banyak bakteri yg menempel ditangan setelah menyentuh sesuatu,

    ReplyDelete
  6. Aku juga pake Lifebuoy loh beb buat cuci tangan wangi sih soalnya

    ReplyDelete