Tuesday, July 25, 2017

Dua Bentang Alam yang Masih Baru di Bogor

Dua Bentang Alam yang Masih Baru di Bogor
Jika membahas Kota Bogor apa yang kamu ingat dari Kota Bogor? Bagaimana Kota Bogor tersebut? Pada umumnya, orang-orang  pasti akan mengatakan bahwa Bogor adalah kota hujan, Kebun Raya Bogor, kuliner-kulinernya yang tak kalah dengan Bandung, dan objek wisatanya yang banyak menjadi primadona. Jika membahas mengenai objek wisata maka salah satu objek wisata alam ini layak kamu kunjungi di Bogor. Jika memungkinkan sedang berada disana maka haruslah dicoba objek wisata pada postinganku kali ini. Wisata alam yang satu ini tersembunyi di antara objek-objek wisata modern yang ada di Kota Bogor. Objek wisata ini cocok untuk kamu yang sedang mencari ketenangan dan merasa bosan dengan kepenatan kota atau rutinitas sehari-hari yang telah dilakukan.

Bentang alam ini terletak di Kampung Wangun Cileungsi, Desa Karang Tengah, Kecamatan Babakan Madang, Kabupaten Bogor. Adalah Leuwi Lieuk dan Leuwi Cipeut yang keberadaannya baru banyak diketahui dua tahun kebelakang. Leuwi merupakan istilah dalam bahasa sunda yang artinya lbuk atau bagian terdalam dari sungai. Di dalam satu kampung tersebut terdapat beberapa bentang alam seperti Curug Leuwi Hejo dan Curug Barong. Hanya saja, untuk menuju Leuwi Lieuk dan Leuwi Cipeut dibutuhkan kemauan dan tenaga yang ekstra. Kamu harus menempuh medan yang cukup curam dan sangat licin kurang lebih 35 hingga 45 menit dari tempat parkir.

Saat memasuki hutan, ada beberapa oknum yang melakukan aksi jual tiket masuk menuju Leuwi Cipeut dan Leuwi Lieuk. Biasanya Kamu akan diminta biaya Rp10.000 per orang. Meskipun lelah, setelah melihat maha karya dari Sang Pencipta, rasa lelah pun hilang.

Leuwi Cipeut Jalan Pintas Menuju Leuwi Lieuk

Sebelum tiba di Leuwi Lieuk, Kamu akan melihat sebuah kolam alami yang jernih dan tidak ada sama sekali arus yakni Leuwi Cipeut. Grand Canyon mini ala Bogor ini memiliki bentuk yang vertical serta tebing di kanan kirinya yang ditumbuhi dedaunan yang rimbun. Untuk memasuki area leuwi Cipeut, pengunjung hanya dikenakan tiket masuk Rp5.000,- . Kedalaman dari Leuwi Cipeut kurang lebih satu meter (1 meter). Namun, Kamu tetap harus berhati-hati apalagi ketika berenang ke area tengah karena bagian tengah dari lubuk ini cukup dalam.

Nah, untuk menuju Leuwi Lieuk, Kamu dapat memilih dua jalan di antaranya menelusuri sepanjang sungai Leuwi Cipeut atau kembali melakukan tracking melewati bukit. Saat tracking memilih melewati arus sungai yang berlawanan arah, Kamu pun harus lompat dari satu batu ke batu lainnya. Sedangkan jika Kamu memilih tracking darat maka bersiap-siaplah menghadapi kemiringan kontur berkisar 75 derajat serta medan yang berlumpur dan turunan curam. Perhatikan kondisi fisik sebelum pergi, mengingat medan yang akan dilewati curam.

Meskipun berjalan lumayan jauh namun lelah pun akan terbayarkan kembali, Kamu akan bersyukur kembali melihat bentang alam yang masih terjaga di Kabupaten Bogor ini. Airnya yang berwarna biru ke hijau-hijauan begitu jernih, bahkan Kamu dapat melihat isi sungai dari atas. Warnanya yang pekat menemukan bahwa Leuwi Lieuk memiliki kedalaman air yang cukup dalam berkisar dua hingga tiga meter. Jadi, jika Kamu tidak jago atau tidak bisa berenang sebaiknya hati-hati ya atau lebih baik dihindari ya!

Tarif dan Fasilitas Leuwi Lieuk
Untuk harga masuk kawasan ini, pengunjung dikenakan biaya Rp15.000,- parkir Rp5.000,- dan biaya retribusi sebesar Rp5.000,- Sayangnya ada beberapa kegiatan yang lumah dilakukan tapi harus membayar biaya misalkan saja jika harus mandi dan berganti baju di Leuwi Hejo (area pertama saat memasuki kawasan Babakan Madang), Kamu harus merogoh kocek Rp2.500,-.

Jadi Kamu tertarik untuk berkunjung ke Leuwi Cipeut dan Lieuk? Jika tertarik sebagai saran dan masukan, jika Kamu hendak pergi berlibur, usahakanlah datang dipagi hari dan jangan terlalu memaksakan diri bila sehari sebelumnya hujan karena medan yang curam bisa lebih berbahaya. Gunakan skamul yang tak hanya membuat nyaman pun aman. Biasanya, anak-anak kecil sudah berjaga-jaga di sepanjang jalan menuju Leuwi Lieuk untuk meminta-minta uang. Dibandingkan hanya langsung memberikannya uang, lebih baik Kamu meminta tolong anak-anak untuk menjadi tour guide kemudian memberinya imbalan atas pertolongannya.

Rute Menuju Leuwi Lieuk
Transportasi umum yang bisa Kamu gunakan ke Bogor misalkan bus. Kemudian turun di pool bus Sentul City. Dari sana dilanjutkan dengan angkutan kota (angkot) atau kendaraan pribadi menuju Gunung Pancar Babakan Madang. Jika menggunakan kendaraan pribadi, dari arah Jakarta, Kamu dapat memilih akses tol Jagorawi dan keluar di Gerbang Sentul City. Kemudian masuk ke jalan utama Jungle Land. Sebelum gebang utama Jungleland, belok kanan kearah perkampungan , dipertigaan belok kiri ke arah Leuwi Hejo.

Sudah lelah menjelajah Leuwi Lieuk dan Cipeut, saatnya Kamu mengistirahatkan badan yang capek dan mengendorkan otot-otot yang tegang. Dalam hal ini juga Penting untuk Kamu, Kamu dapat memilih hotel yang nyaman dan harga bersahabat ketika sedang berlibur. Agar lebih mudah, Kamu dapat mencari daftar hotel di Bogor melalui Reservasi.com baik melalui website dan aplikasi. Reservasi.com pun kerap memberikan promo atau potongan harga bagi para penggunanya. Jadi, lebih hemat bukan? Selamat Berlibur dengan Biaya Yang Terjangkau.

2 comments

  1. Keren sih. Tapi dasar aku ga suka wisata yg berair hehe

    ReplyDelete
  2. Saya tahunya hanya kebun Raya Bogor mbak.

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon