Sunday, June 30, 2024

Cara Mengatur Keuangan Rumah Tangga


Sering kali kita merasa pengeluaran tidak sebanding dengan pendapatan. Ternyata hal tersebut bisa kita atasi dengan memakai perencanaan yang baik, tata kelola keuangan yang baik dan jelas. Maksudnya, kita dapat disiplin dalam keuangan mulai dari membeli sesuatu yang diinginkan dan dibutuhkan itu harus dibedakan. Kalau tidak ada rencana anggaran gaji 1 bulan buat apa saja, bisa bakalan habis dalam seminggu. Nah, pada tulisan kali ini aku mau sharing sedikit bagaimana cara mengatur keuangan rumah tangga yang baik terlebih lagi untuk para pengantin baru biar pengeluaran keuangan tetap teratur. Berikut caranya:

1. Buat Perencanaan Pengeluaran
Dalam 1 bulan kita harus memikirkan apa saja yang harus dikeluarkan. 
Bisa menggunakan metode ini ya ; 
10% untuk tabungan, 
10% untuk dana darurat (jika tidak ada hutang).
10% untuk jalan-jalan ke mall (jika tidak bisa dialihkan untuk kebutuhan).
67% untuk belanja kebutuhan makanan(sayur, lauk), belanja bulanan, bensin, bayar listrik, kebutuhan rumah.
 3% sedekah (seikhlasnya ada berapa uang ya).

Nah, diatas merupakan contoh metode yang bisa dipakai ya, tetapi itu jika tidak ada hutang, rumah milik pribadi tidak ada kredit, asuransi. Jika ada kredit bisa disesuaikan dengan berapa yang kita dapatkan gaji perbulan. Saranku sih, lebih baik setiap bulan itu ada yang ditabung ya walaupun 20.000 setidaknya ada uang tabungan kita jika terjadi yang tidak diinginkan.

Terkadang memang kita harus memerlukan perencanaan yang baik agar anggaran perbulan tidak boros.

2. Bedakan Kebutuhan dan Keinginan
Ini yang kadang membuat kita khilaf, tidak bisa membedakan yang mana paling kita butuhkan dan mana yang itu hanya keinginan semata kita saja. Maksudnya, kebutuhan ini memang hal dasar seperti makan sehari-hari, kebutuhan pokok harus didahulukan.

3. Evaluasi/ Pantau Pengeluaran
Setiap bulan kita harus memantau pengeluaran apa saja yang banyak dan masih ada stoknya dirumah sehingga tidak perlu lagi kita beli, jadi maksud pantau disini kita harus lihat situasi bagian apa saja yang harus kita hemat. Sehingga dapat mencegah tidak terjadinya pengeluaran diluar kendali (boros).


4. Hindari Kehidupan Yang Konsumtif
Terkadang ada banyak orang jika melihat orang lain memiliki mobil maka ada rasa ingin memilikinya juga tetapi tidak berpikir kalau keuangan tidak mencukupi, ibaratnya  belilah sesuatu yang kamu butuhkan sesuai dengan kemampuanmu. Kalau memang dirasa keuangan membaik, butuh mobil silakan dibeli, yang terpenting sih saat sudah membeli harus memikirkan situasi keuangan setelah itu, jangan karena ingin dipandang kaya tetapi pendapatan tidak sesuai malah kita berutang, jangan sampai ya.

Hindari kehidupan Konsumtif lainnya salah satunya jangan membeli yang bukan dibutuhkan. Atau batasi kartu kredit. Gunakanlah untuk keperluan yang produktif atau darurat saja.
Atau bisa jangan pernah menggunakan kartu kredit. Jadi hal yang diinginkan dan dibutuhkan bisa dibeli dengan cara menabung terlebih dahulu. Itu lebih baik.


5. Belanja Dengan Bijak
Maksudnya pandai-pandailah mencari promo untuk membeli kebutuhan rumah. Karena dengan promo bisa meminimalisirkan pengeluaran loh.
Kalau dirasa di warung lebih mahal, bisa cari mini market dengan harga yang jauh lebih murah karena ada promo, atau bisa beli melalui online shop (e-commerce) dengan menggunakan voucher potongan diskon dan gratis ongkir. Tetap diingat harus utamakan kebutuhan ya daripada keinginan. 

6. Menambah Edukasi Keuangan
Kalau dirasa masih kurang nih, bagaimana cara agar pengeluaran keuangan tidak terlalu boros, maka bisa ikutin atau baca melalui internet, seminar, buku, kursus seputar manajemen keuangan yang baik.

7. Mencoba Mencari Tambahan 
Kalau pengeluaran memang tidak bisa diatasi maka bisa mencari alternatif lain salah satunya cobalah mencari uang tambahan selain dari penghasilan kita perbulan ya. Jika tidak mempunyai waktu, bisa kok mencari tambahannya melalui online. Sekarang ada banyak peluang kita salah satunya sebagai affiliator, sedikit banyaknya yang didapat pasti akan terbantu kebutuhan untuk dirumah juga. Jadi, jangan sampai tidak mencobanya ya. Atau bisa dengan berjualan didepan rumah atau sesuatu yang bisa dilakukan dan tidak banyak modalnya tentunya ya biar tidak menambah pengeluaran lagi. 


Nah, itu cara mengatur keuangan dalam rumah tangga. Jadi memang kedua belah pihak (istri dan suami) harus saling sinergi dan bekerjasama agar keuangan tetap teratur dan pengeluaran tidak boros. Yuk semangat semuanya, pasti bisa!

1 comment

  1. oke sip, disimpan dulu untuk nanti saat berkeluarga :))

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon