Ini Medan, Untuk Cerita Medan

“Ini Medan Bung”.  Pernyataan itu selalu terlontar dari ucapan warga medan kepada orang pendatang baru yang datang ke Medan.

Sekilas mengembalikan ingatan kita, saat Abdillah masih menjabat sebagai Walikota Medan, lahirlah lambang atau logo kota Medan yang berbunyi “SETEPAK SIRIH, SEJUTA PESAN”. Lambang yang sarat makna akan menimbulkan beraneka ragam tafsiran. Adapun pesan yang tersirat di dalamnya berkonotasi postif dan negatif.

Siapa yang tidak mengenali kota medan? Kota yang merupakan kota ketiga terbesar di Indonesia setelah Jakarta dan Surabaya. Usiaku dengan kota medan sangat jauh berbeda, namun tidak menjadi masalah karena saat ini tidak perlu susah dan heboh untuk mengetahui sejarah mengenai kota medan. Masih ada buku ataupun internet yang bisa digunakan untuk menggali informasi mengenai medan. Berubahnya zaman maka semakin canggih teknlogi maka memudahkan kita untuk melakukan atau mencari hal yang kita inginkan. Seperti sekarang ini mengenai Cerita Medan dapat diakses di http://www.ceritamedan.com .

Tidak banyak pengetahuanku mengenai kota medan, meskipun aku asli kelahiran di kota medan, mulai dari ktp, ktm bahkan akta kelahiranku dari medan juga. Namun, sepengetahuanku pada tahun 1590 Medan sudah ada, tetapi tokoh sejarawan ada yang menyatakan bahwa “kota medan secara resmi didirikan pada tahun 1909 pada era pemerintah Sultan Makmun Al-Rasyid yang berkuasa kala itu di kesultanan deli.

Jika dilihat pada saat sekarang ini kota medan sangat berbeda dari tempo doeloe dengan kenyataan yang ada. Membahas Mengenai kota Medan saat dahulu hingga sekarang sangatlah panjang, ya pastinya harus disertai bukti ataupun penelitian baik berupa wawancara ataupun mengumpulkan data-data dengan membaca buku tentang medan ataupun yang lainnya.

Aku pernah membaca disuatu buku mengenai medan, “Kota Medan adalah salah satu kota yang memiliki pola atau struktur masyarakat yang sifatnya heterogen di Indonesia (mirip dengan Malaka).” Kemungkinan dikarenakan faktor urbanisasi. Seperti pernyataan diatas jika membahas mengenai kota medan sangatlah panjang dan mungkin membutuhkan data bukan, tetapi karena takut dikira asal-asalan jadi bisa dicek sendiri ya guys.  

Di Kota Medan terdapat Gedung Balai Kota yang letaknya berhadapan dengan Lapangan Merdeka, kalau tidak salah dulu bernama lapangan Espalande, yang memiliki nilai seni yang tinggi. Balai Kota yang merupakan tempat walikota dengan bangunan segi empat, Pilar yang bergaya Yunani yang berdiri di depan gedung ini menambah keanggunan gedung tersebut.

Lapangan Merdeka, Sumber Foto: Google


Lapangan merdeka salah satu contohnya banyak dikunjungi warga medan bahkan orang yang dari luar negeri juga pernah mengunjungi lapangan merdeka ini. Bahkan, aku juga bingung kalau lagi ke lapangan merdeka sedang ramai berkumpulnya orang-orang disitu jadi tidak kedapatan tempat untuk duduk atau beristirahat sejenak disitu. Ahhh, inilah medan kalau sudah hari minggu pasti lapangan merdeka tempat berkumpulnya anak-anak muda bahkan ibu-ibu atau bapak-bapak bahkan ada nenek-nenek juga ada disitu. Apalagi kan disitu banyak orang berjualan juga. Pasti tahukan ada jualan apa saja disitu?

Perpustakaan Kota Medan, Foto: Siti Rogayah
Banyak hal yang sangat dinyamankan selama aku di medan, belum sampai 20 tahun sih tetapi ceritaku tentang medan sangat sulit di ceritakan karena cerita itu menjadi pengalaman tersendiri, baik sedih maupun senang. Kalau ditanya tempat yang sering aku kunjungi itu perpustakaan kota medan. Karena perpustakaan kota medan saat ini sangat luas dan nyaman. Kebanyakan anak-anak muda bahkan ada orang tua juga selalu berkunjung ke puskot (sebutannya) Sampai-sampai aku selalu memperhatikan, yang datang suka lupa waktu, terkadang sampai tutup pun baru pulang.

Masjid Raya Medan, Sumber Foto : Google

Di Medan terkenal dengan bangunan-bangunan yang mempunyai sejarah, di medan juga dikenal sebagai tempat kuliner apalagi seperti Tip Top yang merupakan Restoran Tempoe Doeloe. Terlebih indahnya lagi saat ini bandara di medan sudah Internasional yakni Kuala Namu Internation Airport. Wisata, Bangunan Heritage, Kuliner dan sebagainya yang ada di medan bisa diakses dengan mudah dengan berbagai informasi dari cerita medan melalui  http://www.ceritamedan.com atau untuk mengetahui event medan yang ada di medan bisa diakses di http://event.ceritamedan.com




Selamat Ulang Tahun untuk Cerita Medan yang Ke-5 , dengan harapan dapat menjadi kiblatnya cerita medan dan tetap menginformasikan mengenai kota medan, baik dari kulinernya, dan cerita medan lainnya.  Semakin menginspirasi untuk anak muda Cemen. #5thAnniversaryCeritaMedan #BlogContestCeritaMedan

3 komentar:

  1. This comment has been removed by the author.

    ReplyDelete
  2. Selain tempat2 yg udah punya nama...banyak juga surga kuliner yang belum punya nama spt kuliner pinggir jalan yang enak2 di Medan ini...apalagi kalau malam...weee....tebal2in kantong aja dah😊😊😊

    ReplyDelete
  3. Semoga Medan makin berbenah, makin banyak tempat keren. Ya, sekeren Cerita Medan itulah! :D

    mollyta(dot)com

    ReplyDelete