Menulis Itu Butuh Apa?

Setelah sekian lama tidak mempublish tulisan di blog meski ada di draft tetapi masih menunggu waktu untuk mempublishnya dan beralih dari blogspot ke dotcom maka ini postingan pertamaku di dotcom. Menunggu domain itu rasanya menunggu kamu yang tak kunjung datang ke medan setelah tahun berganti. Tetapi, aku mengucapkan terima kasih banyak kepada yang membuat domainku dengan tujuan untuk rajin menulis '-' 


Posting pertama bukan berarti aku tidak pernah ngeblog lagi ahh, aku masih tetap nulis kok meski bukan di blogku namun di organisasiku. Kenyataannya, selama 1 pengurusan 2016-2017 tulisanku cukup banyak, aku tak menyangka padahal rasa bosan dalam setahun itu selalu ada, tidak hanya bosan, jenuh juga kurasakan. namun tulisanku dalam setahun bisa 25 tulisan. Bersyukur atas diri sendiri lebih utama dalam mempertahankan sebagai reporter terbaik dari seluruh divisi terkecuali subdivisi reporter. 


Reporter Terbaik = Tulisan yang banyak

Reporter Terbaik 1 LPM Dinamika UIN SU = Tulisan terbanyak dari semua divisi kecuali Subdivis Reporter 


Mempertahankan untuk menjadi terbaik tidaklah mudah, 1 tahun waktu yang cukup lama untuk berkarya. Namun, aku hanyalah seorang fotografer yang masih mencari ilmu sana-sini dan  mempunyai rasa jenuh. Entah apa yang membuat termotivasi untuk tetap menulis. untuk disegani? sepertinya tidak. untuk mendapat penghargaan? tidak juga, malah aku tidak yakin bisa lumayan banyak nulis. untuk terkenal? tidak juga. namun yang membuatku menulis karena seorang mahasiswa. berpikir dan melihat sekeliling masih kecil saja sudah bisa menulis, entah apapun itu ya tetap menulis saja. seperti yang pernah saya dengar dari beberapa pemateri atau orang yang dikenal;

 "Tulis saja apa yang mau ditulis"

"Jangan biarkan tangan lupa cara menulis"

 "Dengan menulis karyamu akan dikenang"

"Jika kau bukan anak raja, jika bukan anak ulama besar. Maka menulislah!"


Didalam menulis itu yang sangat dibutuhkan ialah Niat. setelah niat maka tulis saja yang ada dipikiranmu. tidak hanya itu menulis juga melihat akan mempublishnya kemana? dan tujuannya kemana? 

Karena setiap orang menulis mempunyai tujuan yang sangat berbeda. ada yang untuk curhat, ada yang untuk mengikuti kompetisi/lomba, ada yang untuk menulis khusus berita. nah, berbeda-beda bukan?
selain itu menulis juga membutuhkan konsentrasi yang cukup karena jika tidak konsentrasi maka akan setengah jalan tulisan itu. lalu menulis juga butuh ide untuk isi tulisannya untuk menarik. maka dari itu untuk mendapatkan isi tulisan yang baik maka dibutuhkan latihan, latihan dan latihan menulis setiap saat. 

Menulis itu butuh kemauan untuk mempublishkan ke orang lain. jadi, yang menikmati tulisan itu bukan hanya si penulis namun orang lain bisa tahu dan memberikan masukan. 

Menulis itu butuh waktu. waktu yang singkat dimanfaatkan untuk menulis. membuat konten yang positif bisa dari pengalaman bahkan dari apa yang dilhat dan dirasakan. 

Menulis itu bebas mengutarakan pendapat. seperti halnya ingin mengkritik suatu kebijakan jika dianggap tidak cocok namun takut mengutarakannya didepan orang maka tulis dan masukkan tulisan misalnya di kotak surat jika itu menyangkut suatu organisasi. 

Kalau menurutku menulis itu tidak mengenal usia. tua, muda harus menulislah. karena sejatinya menulis itu membuat sejarah dikehidupan kita. So, kalau mau buat sejarah diri maka menulislah.

9 komentar:

  1. "Menunggu domain itu sama seperti menunggu kamu"
    Eakkkk....
    Jodoh mah gitu gak bole ditunggu2 kali,sekalian menunggu yah memantabkan diri.
    Semoga makin semangat nulisnya deq susan,karena menulis juga butuh kamu sebagai penyemangat aku.ehehe

    ReplyDelete
  2. http://jewantahanrasa.blogspot.co.id boleh dong mampir ke blog saya ;)

    ReplyDelete
    Replies
    1. saya udah main lho ke blog nya. udah komentar juga. main ke blog saya juga ya. dan jangan lupa follow. www.theamazingjasmi.com.. kali aja bisa sharing bareng. Makasih ^^

      Delete
  3. semenjak ada www dot com jadi makin semangat ya kan nulisnya. Aku juga gitu. Apalagi aku dapat domain gratis dari temenku yang giveaway. wah, bahagianya double. Btw, mari kita budayakan menulis.

    main dan follow blog aku juga dong sesama anak sumatera (mudah2an komentar ini gak dianggap SARA. hihihihi) www.theamazingjasmi.com. Salam kenal dari Aceh

    ReplyDelete
  4. NIh cerita aku pas dapet hadiah TLD dari temen http://www.theamazingjasmi.com/2017/01/hadiah-top-level-domain-com-dari-teman.html

    ReplyDelete
  5. haha awalnya, jadi inget orang yang selalu ngode walau sbnrnya aku paham betul isi hatinya , huhh 2013 serasa terulang kembali ckckck curhat gw

    ReplyDelete