Cara Mudah Masak Ikan Tongkol Santan Dengan Sasa Santan Kelapa



Sasa Santan

Hello guys.
Pada artikel kali ini aku mau sharing mengenai masak dengan Sasa Santan Kelapa. Pada penasaran kan apa saja yang akan dibuat dengan sasa santan kelapa? Dibawah ini akan aku jelaskan cara membuat masakan dengan sasa santan kelapa biar makanan jadi lebih enak dan nyammmiiii. Apalagi masak ikan tongkol dengan kuah santan. Wahhhh, bakalan enak sekali.

Foto Siti Rogayah (Sasa Santan Kelapa)

Ikan tongkol merupakan salah satu jenis ikan laut. Ikan tongkol sangat bagus untuk tubuh kita karena mengandung zat gizi salah satunya omega 3 yang bagus untuk kecerdasan otak. Selain itu juga tinggi kalsium sehingga bagus untuk pertumbuhan tulang dan gigi sehingga sangat cocok dikonsumsi oleh anak-anak yang sedang masa pertumbuhan.

Akan tetapi banyak anak-anak yang kurang menyukai ikan tongkol jika hanya digoreng saja. Sebenarnya anda bisa mensiasatinya dengan mengolah ikan tongkol dengan berbagai menu makanan seperti tongkol kuah santan. Dijamin anda dan anggota keluarga akan menyukai makanan ini dan membuat penikmatnya akan makan dengan lahap. Kalau aku mah sangat suka ikan tongkol jadi, makin mantap nasi dengan lauk tongkol santan.

Nah, bagaimana cara memasak tongkol kuah santan? Kamu bisa memasak tongkol kuah santan dengan mudah, asalkan memperhatikan resep masakan yang ada di bawah ini. Selamat mencoba dan masak yang enak.

Bahan-bahan apa saja yang dibutuhkan dalam memasak tongkol kuah santan :
·     1 kg ikan tongkol (bersihkan dan potong sama bagian), 8 siung bawang merah (iris-iris tipis),  4 siung bawang putih (iris-iris tipis), ½  bawang bombay (iris-iris tipis) dan 3 cm lengkuas/ laos (digeprek)

·       3 cm jahe (digeprek),  3 batang sereh (digeprek), 3 lembar daun jeruk, 2 lembar daun salam, 3 batang daun bawang (iris-iris sama bagian) dan 250 gram lombok hijau (iris-iris sama bagian)

·        3 buah tomat (iris-iris sama bagian), 2 ikat daun kemangi, 8 buah belimbing wuluh (potong sama bagian), dan 200 ml atau segelas belimbing air

·      1 kemasan Sasa Santan Kelapa. Kamu juga bisa menggantinya dengan santan yang langsung di peras dari kelapa segar. Hanya saja menggunakan Sasa Santan Kelapa jauh lebih praktis dan menghemat waktu. Bayangkan saja bila kamu harus memeras kelapa. Berapa banyak waktu yang harus kamu habiskan hanya untuk mendapatkan santan kelapa.

Padahal Sasa Santan Kelapa sama dengan santan yang langsung diperas. Malah lebih baik. Sebab Sasa Santan Kelapa dikemas dalam keadaan sudah matang dan siap pakai. Jadi kita tidak perlu repot-repot lagi. Juga Sasa Santan Kelapa memiliki aroma dan rasa se-segar kelapa yang langsung diperas. Sehingga bahan yang satu ini cocok untuk segala jenis masakan, entah itu makanan ataupun minuman. Dan perlu kamu tahu, Sasa Santan Kelapa tidak mengandung pengawet. Ia hanya dikemas dalam teknologi dan kemasan modern sehingga bisa tahan lama.
·           Minyak goreng secukupnya dan Garam secukupnya



Adapun Langkah-langkah dalam memasak tongkol kuah santan adalah :

1.  Siap dan bersihkan ikan tongkol dengan air bersih. Oh ya, ketika membersihkan ikan tongkol, jangan lupa cuci bagian dalam kepalanya. Bisanya cukup kotor.

2.  Siapkan wajan dan panaskan minyak goreng. Setelah panas, goreng ikan tongkol satu-persatu hingga matang, angkat dan tiriskan.

3.  Sementara itu mulai siapkan bumbu-bumbu yang dibutuhkan. Olah sebagaimana kamu biasanya mengolah bumbu untuk masakan lainya.

4.  Lanjut tumis bahan-bahan seperti bawang merah, bawang putih, dan bawang Bombay hingga warnanya menjadi layu dan beraroma harum.

5.  Setelah beraroma, masukkan air, ikan tongkol goreng, daun salam, daun jeruk, lengkuas/laos, dan sereh. Masak dan aduk hingga mendidih.

6.  Masukkan Sasa Santan Kelapa dan aduk sesekali hingga mendidih. Tambahkan garam, gula dan penyedap rasa hingga tercapai rasa lezat. Jangan terlalu lama ya ketika memasak santan kelapa.

7.    Setelah matang siap anda sajikan untuk hidangan utama keluarga.

Nah, Mudahkan cara masaknya? Jangan sampai tidak mencobanya ya. Di jamin enak apalagi menggunakan Sasa Santan Kelapa.

2 komentar:

  1. bisalah di coba masak di rumah, sapa tau abang bisa masak dapat jodoh lebih ceat

    ReplyDelete