Sunday, December 17, 2017

Inovasi itu Penting Untuk Maju


Bangsa Indonesia mempunyai putra-putri yang terbaik sehingga Indonesia dapat menjadi bangsa yang lebih baik. Terutama dalam dunia pendidikan. Yang kita ketahui bahwa pendidikan ialah suatu keharusan yang didapatkan dari seluruh rakyat Indonesia terutama pada jenjang sd,smp, dan sma. Hal tersebut dapat mencerdaskan anak bangsa untuk hal yang lebih baik lagi. Sehingga dalam memperoleh kebaikan dan siap bersaing pada negara lainnya.

"Dengan putra-putri bangsa terbaik yang terampil dan profesional dapat menghasilkan karya nyata produk berkualitas tinggi, dapat bersaing dengan produk industri mancanegara di pasar domestik, regional dan internasional."


Dalam hal menjadi panutan untuk suatu keunggulan dalam produk hal yang dilakukan ialah membuat produk tersebut menjadi berkualitas dan manajemen yang baik. Jika seperti sekarang ada sebuah perusahaan yang memiliki manajemen terkini, selalu melakukan inovasi, dan mengaplikasikan teknologi canggih serta mampu berproduksi sesuai permintaan pasar sekaligus menyediakan lapangan kerja. Maka suatu perusahaan tersebut dapat menjadi panutan untuk kita semua.


WilliamSoeryadjaya bermula dari kegagalannya mengimpor generator senilai US2,9 juta pada 1968, William lalu bangkit menjadi pengimpor dan perakit truk Chevrolet keluaran General Motors, Amerika. Pada waktu itu pemerintah mulai menggulirkan rencana pembangunan nasional jangka panjang dengan target pertumbuhan ekonimi 5%. Sasarannya adalah kecukupan sandang, pangan, dan ketersediaan prasarana penunjang pertanian. Ia pun mengambil dan menjadikan sebagai peluang bisnis yang tak bisa dilewatkan, yaitu kebutuhan truk sebagai alat transportasi. Sangat jelas pemikirannya dan hasil yang telah dia dapatkan dari usahanya dan kerja kerasnya.

Dari sepenggal cerita mengenai William Soeryadjaya ini membuat pelajaran dalam hidup kita bahwa segala usaha itu tidak akan sia-sia. meskipun gagal namun hal itu dapat menjadi berhasil jika kita lakukan inovasi. sehingga kita dapat mencapai suatu rencana dengan melihat peluang dan mengintropeksi diri kita dalam kelemahan kita menjadi kekuatan. 


Dalam kehidupan kita haruslah melakukan inovasi. Yang mana inovasi tersebut ialah suatu perubahan untuk menjadi lebih baik lagi. Seperti halnya pada gerakan InnovAstra sebagai penciptaan produk atau jasa atau cara baru yang layak secara ekonomis di mana untuk melakukan dibutuhkan penemuan masalah yang tepat dan yang dapat diselesaikan. Ada 10 tipe inovasi yang dapat dibagi ke dalam beberapa kategori yaitu :
  1.    Finance
t     Mempunyai 2 Tipe didalam inovasi pada kategori Finance yaitu, "Business Model" digunakan pada keadaan Bagaimana Perusahaan Menghasilkan Uang? dan "Networking" pada keadaan bagaimana perusahaan bekerja sama dengan perusahaan lain untuk mendapatkan manfaat bersama?.

           2      Process

Terdapat 2 tipe yaitu : "Enabling Process" pada hal ini mengacu pada bagaimana perusahaan mendukung proses inti dan karyawan? dan "Core Process" Bagaimana perusahaan menciptakan dan menambah nilai pada produk?

     3.   Offering

Terdapat 3 tipe yaitu ada "Product Performance" dapat dikaji bagaimana perusahaan merancang produk? ,"Product System" bagaimana perusahaan menghubungkan dan menyediakan platform untuk produk yang jamak? dan "Service" bagaimana perusahaan menyediakan nilai kepada pelanggan melebihi produk? 
      
     4   Delivery
      
      Terkait pada poin Delivery ini disitu mempunyai 3 tipe yaitu ada "Channel" gunanya dalam pelaksanaan bagaimana perusahaan mendapatkan produk di pasar? Selanjutnya ada "Brand" gunanya dalam melaksanakan bagaimana perusahaan mengomunikasikan produk? dan terakhir pada "Customer Experience" Bagaimana perasaan pelanggan saat berinteraksi dengan perusahaan dari produk? 




Jadi didalam situasi bisnis yang penuh ketidakpastian, inovasi menjadi strategi andalan banyak perusahaan termasuk pada Astra. Namun Astra selalu meyakini bahwa inovasi telah terbukti membuat portofolio bisnis Astra menempati posisi terbaik di negeri ini. Bahkan inovasi juga telah menciptakan model bisnis baru yang pencapaiannya telah menjanjikan dan esensial untuk keberlangsungan bisnis Astra kedepannya.



Tahukah kamu pada 28 Oktober 2009 Astra telah membuat sebuah lompatan dalam pengelolaan CSR, yaitu diluncurkannya SATU (Semangat Astra Terpadu Untuk) Indonesia. Yang mana pada tanggal tersebut ialah hari sumpah pemuda, sehingga Astra menggunakan momentum kebangsaan untuk meluncurkan program yang memayungi seluruh kegiatan CSR Astra.


Tulisan ini diikutkan dalam Lomba Blog ASTRA


EmoticonEmoticon