Tuesday, April 30, 2024

Tips memilih tempat liburan bareng keluarga


Hai guys.
Pada postingan blog kali ini aku mau share mengenai bagaimana sih cara memilih tempat liburan bareng keluarga yang tepat agar liburan makin terkesan dan senang terus. Dibaca sampai habis ya, karena ini dari pengalaman aku pribadi yang sudah berkeluarga hehehe. Mungkin bisa jadi masukan untuk teman-teman.


Ada beberapa tips memilih tempat liburan bareng keluarga agar semua dapat menikmati, sebagai berikut :
1. Rencanakan Budget Liburan
Hal yang utama dilakukan itu harus menyiapkan kondisi keuangan kita ya, semua biaya saat liburan harus diperhitungkan terlebih dahulu, kalau bisa 6 bulan sebelum berangkat ya, agar saat liburan, keuangan tetap terkendali. Apalagi menyiapkan dana liburan kalau keluar kota harus banyak pastinya, bahkan harus juga dibikin perhitungan dana darurat saat liburan nanti. Jadi saat terjadi sesuatu yang tidak diinginkan, kita bisa cover pakai dana darurat tersebut.

Siapkan dana liburan itu merupakan salah satu saran yang penting yang dapat dilakukan sebelum memilih tempat liburan kalau mau keluar kota ya tetapi kalau mau didalam kota kemungkinan dana yang dikeluarkan juga tidak sebanyak perjalanan keluar kota.

2. Pilih Lokasi Tempat Liburan

Setelah menyiapkan dana/budget liburan maka hal yang dilakukan selanjutnya ialah pilih tempat liburan yang diinginkan.
Kalau aku pribadi sih memilih tempat liburan itu dimulai dari suasananya, nyaman tidaknya disana, jarak antar penginapan jauh atau tidaknya, makanan di tempat tersebut apa saja dan bisa tidak untuk anak-anak, tempat permainannya, pokoknya kalau liburan keluar kota itu pilihnya harus tempat yang ramah anak biar anak liburannya makin menyenangkan dan tidak merengek minta pulang.

Salah satu cara yang aku lakukan ya membaca, lihat review dari orang-orang yang pernah mengunjungi tempat tersebut bisa melalui platform media sosial. Karena membaca dan melihat review itu penting banget untuk jadi masukan sehingga kita bisa tahu berapa biaya yang dibutuhkan kalau ke tempat hiburan/liburan tersebut. Berapa biaya masuknya, berapa biaya transportasi kesana.

Kalau aku pribadi memilih tempat liburan itu ke bali. Tetapi karena harga tiket pesawat terbang mahal jadi suamiku kondisikan untuk pergi ke bali itu naik pesawat dan pulangnya kami berkelana dulu, maksudnya singgah di berbagai kota dulu dan diakhirnya pulang ke makassar naik kapal dari surabaya. Dan biayanya ternyata beda jauh ya daripada harus pergi pulang naik pesawat tetapi tidak bisa merasakan menginap di kota lain hehehe.

3. Buat Daftar Perjalanan
Nah, kalau nomor kedua sudah ditentukan mau kemana atau ke kota mana maka yang harus dilakukan selanjutnya itu jangan lupa buat daftar perjalanannya jadi seperti rundown kegiatan biar lebih terorganisir perjalanannya. Bisa dibuat dibuku kecil atau notebook juga bisa ya.

Nah ketiga itu tipsnya ya. Kalau ada tips lainnya boleh ya bagikan di kolom komentar. Oh iya, Tetapi aku bakalan membagikan pengalaman pertamaku liburan, berkelana kenapa bisa dari bali terus pulangnya jadinya ke surabaya. Jadi begini, saat pergi liburan itu harga tiket pesawat terbang naik banget ya, jadi karena uang sudah tersedia juga, cuma terkendala naik apa kesananya. Dengan keputusan bersama(aku dan suami) memilih pergi naik pesawat terbang, pulangnya naik kapal. Seharusnya naik kapal semuanya sih tetapi karena tiket yang vip 1 kamar sudah pada habis jadi akhirnya naik pesawat dengan harapan saat pulang nanti bisa naik kapal.
Alhamdulillah ternyata bisa sehingga melewati dan singgah di kota banyuwangi, Malang, lalu Surabaya.

Tips lain dari aku nih kalau mau memilih perjalanan itu lebih baik dengan waktu yang panjang ya biar lebih puas dan menikmati juga tetapi biaya lebih meningkat juga jadi lebih baik menabung sejak dari sekarang untuk memutuskan liburan keluar kota. Semangat liburan semuanya! Sehat selalu. 

1 comment

  1. Dan jangan lupa buat juga list barang bawaan, biar gak apa kali isi koper pas berangkat dan pulang. Karena biasanya isi koper pulang lebih banyak dari pada isi koper pas pergi. wkkk

    ReplyDelete


EmoticonEmoticon