Sunday, March 31, 2024

Tabung Emas Atau Tabung Uang?

Tidak terasa makin tahun itu kita selalu merasakan inflasi. Bisa dibilang sih kalau inflasi itu tidak nampak ya. Karena memang inflasi itu akan terus kita rasakan melalui kenaikan harga barang dan jasa terus menerus dalam jangka waktu terus menerus. Kalau dipikir saat masih kecil masih bisa jajan Rp 50, Rp 500 udah paling mahal jajanan. Saat masih sekolah harga nasi goreng masih bisa 1000.
sekarang tidak ada lagi harga segitu. Nah, jadi itulah yang dinamakan inflasi.


Sebenarnya ada banyak hal yang bisa kita lakukan untuk menghadapi inflasi. Salah satunya ya menabung. Pasti bertanya lebih baik menabung emas atau uang ya?
Kalau aku sih secara pribadi lebih memilih nabung Emas untuk jangka panjang. Jadi, beli emas itu tidak pernah selalu berpikir akan dijual besok, namun emas ini digunakan untuk masa depan atau untuk sesuatu yang dibutuhkan di masa akan datang jika lagi tidak ada uang atau punya kebutuhan mendadak.


Seperti kita tahu bahwa harga emas setiap hari itu akan terus meningkat, jadi makin tertarik kan untuk nabung emas?

Lebih pilih Tabung Emas atau Tabung Uang?

Nah, dari judul saya ada pilihan. Seperti aku sebutkan diatas kalau lagi ada uang lebih baik kita belikan emas saja, kalau uang ditabung akan kena inflasi. Walaupun kita punya uang sebanyak 100 juta sekalipun, tetapi beberapa tahun ke depan uang 100 juta itu bisa menurun nilainya karena kena inflasi.

Mau tabung emas atau tabung uang itu masing-masing punya kelebihan dan kekurangan. Tergantung diri sendiri memilihnya. Berikut aku jabarkan sedikit dari yang aku tahu dan pahami ya apa saja itu:


Kelebihan Menabung Uang Tunai
-Mudah dipakai, dibelanjakan saat perlu
-Tidak perlu menunggu untuk dijual karena kan memang dalam bentuk uang tunai.

Kekurangan Menabung Uang Tunai
-akan terkikis inflasi karena nilainya akan semakin turun

KELEBIHAN MENABUNG EMAS

-nilainya Stabil: Emas cenderung mempertahankan nilainya seiring waktu, sehingga merupakan bentuk investasi yang relatif aman dari fluktuasi pasar
-Perlindungan dari inflasi : Semakin hari harga emas akan semakin naik. sehingga dapat melindungi harta emas kita dari efek inflasi
-Likuiditas tinggi: Emas relatif mudah dijual dan diperdagangkan, sehingga Anda dapat dengan cepat mengubahnya menjadi uang tunai jika diperlukan.
-Tidak perlu perawatan khusus : jadi emas itu tidak seperti properti, saham ya. Jadi emas itu mudah banget untuk ditabung jangka panjang.

KEKURANGAN DARI MENABUNG EMAS
-Tidak menghasilkan bunga
-Tidak menghasilkan pendapatan
-Risiko kehilangan atau pencurian: Emas fisik rentan terhadap risiko kehilangan atau pencurian, yang dapat mengakibatkan kerugian finansial yang akan terjadi 
-Biaya Penyimpanan atau asuransi
Menyimpan emas fisik atau menyimpannya di brankas menyebabkan biaya penyimpanan dan mungkin memerlukan asuransi tambahan, yang dapat mengurangi potensi keuntungan.


Nah, jadi tergantung teman-teman mau pilih menabung yang mana ya. Kalau saran aku sih lebih baik seimbangkan. Emasnya ada ditabung, uang juga ada dipegang. Karena emas itu untuk jangka panjang ya. Dijual saat dibutuhkan kali apalagi jika sudah 5 tahun harga emas yang kian meningkat. 

Lalu pilih emas batangan atau emas perhiasan?
Menurutku lebih baik emas batangan karena itu untuk aset jangka panjang dan nilainya juga akan meningkat. Sesuai dengan kebutuhan saja.
Nah, kalau emas perhiasan bagaimana? Menurutku emas perhiasan itu dipakai untuk sehari-hari kadarnya akan berkurang, kalau untuk dipakai its oke ya. Tapi kalau untuk spesial menabung lebih baik emas batangan. Karena emas perhiasan kalau kadarnya berkurang meskipun harga emas dipasaran lagi meningkat biasanya akan sedikit kita dapatkan jika dijual dan itu belum potongan dari tokonya emasnya ya. Jadi beda toko beda juga harganya.

Oh iya hampir lupa untuk beli emas juga bisa via online ya jadi tidak harus beli 1 gr jika belum ada uang. Bisa juga kita cicil ataupun beli di platform yang terjamin dan yang sesuai dengan OJK ya.


Untuk postingan blogku kali ini tidak ada tertuju ke pihak manapun ya, jadi hanya membagikan saran dan masukan yang aku tahu saja. Karena aku juga mencoba mulai belajar menabung. Semangat.

Jadi, sudah menentukan pilihan untuk menabung apa? Selamat menabung teman-teman. 

1 comment


EmoticonEmoticon