Trik Masak Sayur Asem Dengan Sederhana

sayur asem susan
Resep Sayur Asem Buatan Siti Rogayah 


Hallo guys.
Welcome to my blog. Hari ini puasa kita sudah hari ke-4 ya guys. Wahh, tetap harus semangat dong dalam menjalankan ibadah puasa apalagi ibadah dalam menebarkan kebaikan guys. Dalam tiga hari berturut-turut aku sudah berturut-turut posting loh biar Ramadan kali ini semakin produktif dalam menulis. Amin. Oh iya, untuk yang belum membaca tulisan selama 3 hari bisa di baca disini ya :


Enaknya hari ini membahas apa ya? Mumpung pada ramai membuat resep masakan nih dan aku juga akan mencoba share  mengenai resep yang menjadi menu berbuka puasa tadi loh. Penasaran masak apa? Nah, menu berbuka puasa hari ini ialah Sayur Asem yang sederhana, mudah, dan enak banget. Jadi resep sayur asem ialah sebagai berikut ys. Nah, sebelum memasak alangkah baiknya dipersiapkan bahan-bahannya terlebih dahulu ya terutama bahan untuk membuat sayur asem dengan mudah dan sederhana.
Resep Sayur Asem Susan
Bahan sayuran untuk membuat Resep Sayur Asem Ala Siti Rogayah

Berikut resep sayur asem dengan sederhana dan mudah banget loh, yuk dibaca sampai tuntas.
Bahan untuk membuat sayur asem
-Siapkan jipang/ labu siam 2 buah
-Kacang panjang 5 buah atau secukupnya
-Siapkan jagung manis dan potong jagung sesuai selera
-1 sdm asam jawa (sesuai selera)
-2 cm lengkuas di memarkan
-2 lembar daun salam
-600 ml air (sesuai selera dan porsi)
-1 sdt gula
-1 sdt garam
-Gula merah 1 ruas jari
Bahan sayur asem di iris
-Bawang merah 3 siung
-Bawang putih 1 siung
-Cabai merah keriting 3 buah diiris

Diatas telah tersedia resep sayur asem, sekarang kita lanjut cara memasaknya dari resep sayur asem yang telah aku masak pakai bahan di atas. Oh iya hampir lupa, seharusnya resep sayur asemnya lebih enaknya pakai melinjo ya guys. Namun, tadi siang aku ke warung katanya melinjo kerupuk, aku jadi heran dah. Gak tahu juga di Makassar memang ada melinjo atau tidak disini atau memang ibu penjual di warung tidak menjualnya. Hehehe, positive thinking saja kitaa yaa. Cussss lanjut ke cara memasak dari resep sayur asem.


Cara Memasak Resep Sayur Asem
         -     Baca Bismillah
      -      Sebelum memulai memasak sayur asem yukk kita cuci semua sayuran dan bahan yang di butuhkan.
      -          Kita harus melarutkan asam jawa dengan 1 sdm air panas lalu yang kita ambil hanya air dari asam jawa tersebut untuk membuat resep sayur asem.
       -      Ambil air yang telah disediakan, lalu masukkan ke dalam panci yang akan dipakai untuk membuat resep sayur asem.
            -         Setelah ambil air ke dalam panci lalu tunggu mendidih airnya, selanjutnya masukkan bumbu yang telah diiris, masukkan daun salam yang dipersiapkan untuk membuat resep sayur asem.
      - Masukkan lengkuas, gula merah serta aduk hingga merata dan diamkan 2 menit. Sambil mempersiapkan resep sayur asem yang lainnya untuk dimasukkan.
         -       Resep sayur asem selanjutnya ialah, masukkan jagung yang telah kita persiapkan ke dalam panci. Tunggu sampai 5 menit atau hingga jagung setengah matang. Baru kita masukkan resep sayur asem yang lainnya.
               -      Selanjutnya, masukkan labu siam ke dalam panci. Tunggu 2 menit.
       - Resep sayur asem selanjutnya adalah masukkan sayur kacang panjang yang telah kita rajang/potong sesuai selera kita ke dalam panci yang berisi resep sayur asem yang telah kita masak.
         -     Setelah semua bahan dari resep sayur asem dimasukkan, maka selanjutnya masukkan gula, garam ke dalam panci. Dan aduklah hingga merata dan coba rasakan. Jika masih belum terasa silakan menambah bumbu yang diinginkan (gula/garam).
             -        Semuanya sudah complete. Saatnya sayur asem siap di hidangkan/di sajikan dengan ikan atau lauk yang diinginkan ya. kalau aku sih ikan dan tempe tepung.
       
Resep Sayur Asem
Resep Sayur Asem Bersama Ikan dan Tempe
Ala Siti Rogayah dengan Sederhana

     Yeay, masakan telah selesai guys. Ayo dihidangkan sayur asem buatan kamu apalagi untuk berbuka puasa, sangat cocok di hidangkan/di sajikan untuk orang yang kamu sayang. Biar mereka makin sayang sama kamu. Atau resep sayur asem ini boleh kamu bagikan ke akun media sosial kamu, mana tahu ada yang ingin memasaknya juga. Selamat mencoba guys. Semoga masakan kamu rasanya mantap ya guys. Go Cooking yes.

Resep Sayur Asem


Hampir lupa, yuk ikutan Blog Challenge di #30HariKebaikanBPN #bloggerperempuan biar Ramadan 2019 kali ini dapat bermanfaat dan membuat kamu makin menginspirasi dengan tulisan di blog kamu. Selamat mencoba.



0 komentar:

Post a Comment