Wednesday, October 27, 2021

Tips Mengatur Keuangan Dengan Mudah

Cepat banget waktu berputar, sepertinya baru saja aku menikah 1 bulan lagi sudah mau tiga (3) tahun pernikahan saja. Tentunya selama menikah pasti ada saja masalah yang dialami terlebih tidak lepas dari masalah keuangan rumah tangga. Meskipun begitu aku dengan suami selalu berdiskusi untuk mencari jalan keluarnya, kenapa bisa lebih besar pengeluaran daripada pendapatan. Nah, aku sama suami akhirnya mulai nih membuat anggaran jadi setiap pengeluaran di catat beli apa saja dan berapa. Selain itu saya juga memakai tips yang lain dong. Mau tahu apa saja tips mengatur keuangan rumah tangga ? Baca hingga selesai yuk.

Setiap rumah tangga pasti punya cerita yang berbeda, begitu juga dengan rumah tanggaku. Kita harus pandai-pandai mengatur keuangan apalagi saya seorang istri harus ekstra pintar dalam mengatur keuangan sehingga pendapatan bulanan suami dapat tercukupi dan jika bisa dapat di simpan meskipun hanya 1000, 2000 rupiah. Setidaknya ada yang disimpan untuk kebutuhan yang tidak terduga. Jadi, hal yang harus saya lakukan ialah mencari informasi, seputar cara mengelola dan mengatur keuangan sehingga dapat saya terapkan di kehidupan sehari-hari

Berikut tips mengatur keuangan dalam rumah tangga yang biasa saya pakai.

1. Harus membuat list pengeluaran

Gaji atau pendapatan bulanan suami sudah di pegang. Yang harus saya lakukan ialah membuat daftar belanjaan, berapa uang yang harus dikeluarkan jadi dibuat didalam 1 buku tulis khusus mencatat pengeluaran yang di beli apa saja dengan uang sekian. Misalnya nih, pendapatan bulanan kamu Rp. 2.000.000,- uang yang kamu simpan setidaknya 20% dari penghasilan kamu.  Jadi yang di simpan itu 400 ribu. Uang yang disimpan jangan di ganggu gugat ya, jadi itu anggap saja uang tabungan untuk kebutuhan mendesak.
Lalu pertinggalan uangnya kan masih ada, itulah buat biaya makan, pengeluaran lainnya seperti listrik, uang air. Makanya harus dirincikan apa saja yang dibutuhkan 1 hari itu. Tercatat semua pengeluaran. Untuk mengetahui berapa uang yang kita keluarkan setiap bulan.

Jadi, jika pengeluaran kita terlihat sangat banyak nih, maka kita lihat apa saja yang tidak dibutuhkan maka jangan diulangi di bulan selanjutnya. 

2. Masak Sendiri

Ini tips kedua yang tidak kalah penting untuk mengatur keuangan rumah tangga. Kamu bisa masak di rumah. Lebih hemat memang masak sendiri, tinggal beli bahan makanan di pasar (pajak) ataupun belanja warung. Tapi saya menyarankan untuk belanja di pasar ya biar lebih hemat dan murah juga. Tinggal deh, dibelanjakan apa saja yang diinginkan. Kalau saya biasanya belanja cari yang murah. Misalnya, di penjual A jualan bawang merah 5 ribu ¼. Maka cari yang lain, dapatlah 3 ribu ¼. Ini misalnya ya. Kalau tetap beli yang harga yang 5 ribu bagus juga karena harga di pasar itu hampir semua sama dan murah juga. Makanya kita harus pintar dalam memilih apa yang dibutuhkan untuk dapur dan apa yang tidak dibutuhkan. 
Jangan membeli sesuatu yang diinginkan, sedangkan yang kita butuhkan tidak kita beli.

3. Lunasi Utang, Jangan Menambah Utang.

Semua orang butuh uang. Apalagi saat kondisi pandemi begini, semua pada kesusahan sehingga ingin beli kebutuhan lain dengan cara meminjam atau utang. Nah, hal ini harus dihindari ya ibu-ibu. Kalau saya dan suami selalu berprinsip jika ingin sesuatu harus ditabung dulu. Jika sudah ada uangnya dan tercapai maka beli. apalagi barang yang nominalnya tidak sedikit, kecuali memang kebutuhan mendadak dan membuat kita harus berutang itu beda lagi ceritanya. Namun, jika bisa hindarilah untuk berutang. Nah, jika sudah ada utang ini, jangan menambah utang lain di tempat lain. Harus dihindarkan. Yang ada saat mendapat penghasilan bulanan kita gigit jari.

4. Buka Bisnis atau penghasilan Tambahan

Sekarang sudah jaman canggih, semua sudah menggunakan teknologi. Seperti saya sendiri jika malas keluar rumah untuk beli kebutuhan diri, kebutuhan anak seperti pampersnya, biskuitnya, dsb saya selalu belanja di marketplace. Ini menjadi modal usaha dari rumahan sangat bisa dilakukan, karena tidak perlu kita pergi ke rumah-rumah untuk menjual barang dagangan kita. Bisa kita jual via online dan di promosikan di media sosial kita. Mudah banget untuk memulai bisnis atau mendapatkan tambahan untuk kebutuhan kita. 

Tapi tetap diingat, utamakan yang dibutuhkan daripada yang diinginkan. Jika sudah ada uang yang lebih dan untuk yang dibutuhkan juga sudah terpenuhi. Baru deh beli yang diinginkan. 


Nah, tips diatas bisa jadi solusi untuk mengelola keuangan rumah tangga.  Yuk, saatnya mulai merencanakan dan mengatur keuangan rumah tangga serta persiapkan metode pengelolaan finansial dengan instrumen perbankan yang dapat mengakomodir hal tersebut, seperti HSBC Advance.

Semangat mengatur keuangan dalam rumah tangga. Yakinlah semua kita pasti bisa mengatur keuangan dengan baik, yang terpenting utamakan yang penting terlebih dahulu. Semoga bermanfaat.



EmoticonEmoticon